Ahad 12 Mar 2017 17:08 WIB

LazisMu dan JSM Bangun Ekonomi Kerakyatan

Rep: Fuji E Permana/ Red: Agung Sasongko
Peternakan sapi (ilustrasi)
Foto: Antara
Peternakan sapi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM) ingin melindungi para peternak agar mendapatkan haknya. Sehingga, JSM dan LazisMu bekerjasama untuk membangun ekonomi kerakyatan melalui program pemberdayaan peternak.

Menurut JSM, sekarang peternak yang seharusnya mendapatkan hasil bagus dalam setahun sebagian hasilnya dinikmati oleh calo yang memanfaatkan usaha mereka. Perwakilan JSM, Ando mengatakan, LazisMu dan JSM ternyata memiliki program serupa dalam program memberdayakan peternak, agar peternak mendapatkan hasil yang lebih baik.

Maka JSM menjalin kerjasama dengan LazisMu untuk melancarkan program tersebut. Kerjasama tersebut diikat dalam penandatanganan nota kesepahaman di kantor LazisMu pada Jumat lalu.

“Dengan program ini kita memang memberdayakan kembali peternak supaya peternak ini mendapatkan hasil yang bisa mereka nikmati," kata Ando, dilansir dari laman resmi PP Muhammadiyah, Ahad (12/3).

Ia menambahkan, melalui program JSM dan LazisMu peternak bisa memperbesar peternakannya. Hasil akhir program tersebut untuk menumbuhkan ekonomi kerakyatan seperti yang dikonsepkan Muhammadiyah dan LazisMu. Program kerjasama itu sendiri dilakukan dalam bentuk pemeliharaan, membesarkan hewan ternak dan mengawasi peternak yang ikut dalam kelompok.

Direktur LazisMu, Joko Intarto menyampaikan, kerjasama dengan JSM dijalin untuk membantu mengembangkan para peternak. LazisMu sudah lama ingin kerjasama dengan para peternak, bukan dengan pedagang. Sebab, keuntungan yang didapat oleh peternak akan digunakan untuk membuat kandang-kandang baru, bibit baru dan membangun pabrik pakan ternak.

Dijelaskan dia, namun akan menjadi berbeda jika LazisMu bekerjasama dengan pedagang. Pedagang akan menggunakan keuntungannya untuk hal lain. "Beli apartemen baru, rumah baru, jadi tidak memikirkan bagaimana pengembangan sumber daya bisnisnya (peternakan)," ujarnya.

Ia mengungkapkan, pihak LazisMu merasa senang adanya kerjasama dengan JSM. Antusias JSM terhadap ide tersebut sangat responsf. Prinsip LazisMu terbuka dengan siapa saja, siapa yang lebih dulu maju maka dia yang akan menjadi partner LazisMu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement