Selasa 07 Mar 2017 13:50 WIB

Ustaz Yusuf Mansur Minta Perbedaan Mazhab tidak Dibesarkan

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Teguh Firmansyah
Ustad Yusuf Mansur
Foto: Republika/ Darmawan
Ustad Yusuf Mansur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Pondok Pesantren Daaqul Qur'an, Ustaz Yusuf Mansur, mengingatkan jika perbedaan di dalam Islam merupakan sesuatu yang biasa.

Karenanya, ia berharap, jika ada perbedaan yang terjadi, tidak perlu dibesar-besarkan. "Asal tidak dibesarkan, sesuai sifat apa-apa di Tanah Air, hilang," kata Yusuf Mansur kepada Republika.co.id, Selasa (7/3).

Ia menilai, umat Islam di Indonesia tidak memiliki sifat pendendam, sehingga akan mudah melupakan percikan-percikan masalah yang ada. Karenanya, jika belakangan ini mungkin terjadi insiden dikarenakan perbedaan pandangan, umat Insya Allah sudah melupakan.

Ia berharap, para ulama dan umara tidak pernah lupa mengangkat tangan, untuk senantiasa mendoakan perdamaian terjaga di Indonesia. Pasalnya, ulama dan umara merupakan pilar utama membangun bangsa, dan tentu akan sangat indah jika doa terus terlantun. "Doa, itu dia," ujar Yusuf Mansur.

Meski begitu, ia mengingatkan, manusia adalah sebagaimana perkataan dan pikiran manusia itu sendiri. Maka itu, Yusuf Mansur menekankan, setiap manusia harus mampu menjaga perkataan dan pikirannya, jangan sampai selalu terpaku kepada perpecahan semata.

"Kita bagaimana perkataan dan pikiran, jangan berkata-kata bahwa kita pecah atau ada perpecahan, dan jangan juga berpikiran begitu," kata Yusuf Mansur.

Baca juga,  Ini Kekhawatiran Mahfud MD Terhadap Insiden Khalid Basalamah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement