Ahad 12 Feb 2017 18:11 WIB

Tumbuhkan Literasi, Dompet Dhuafa dan Komunitas Donasikan 1.000 Buku

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Agus Yulianto
Program Sahabat Berbagi Harapan (SBH) Dompet Dhuafa (Ilustrasi)
Foto: dok DD
Program Sahabat Berbagi Harapan (SBH) Dompet Dhuafa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Menumbuhkan budaya literasi, Dompet Dhuafa bersama berbagai komunitas masyarakat mendonasikan 1.000 buku dan menggelar beberapa kegiatan di Taman Baca Halaman Baru.

Manajer Program Pendidikan Dompet Dhuafa Rina Fatimah menyampaikan, dari laporan yang dilakukan Central Connecticut State University pada 2016 lalu tentang tingkat literasi 61 negara di dunia, tingkat Indonesia berada di urutan 60. Ini melatarbelakangi Dompet Dhuafa bersama berbagai komunitas untuk peduli meningkatkan tingkat literasi masyarakat.

Melalui Tebar 1.000 Senyum untuk Jonggol, Dompet Dhuafa bersama komunitas Honda Varia Club (HVC) Indonesia, Ertiga Club Indonesia (ERCI) Chapter Depok, dan Otorlovers mendonasikan 1.000 buku ke Taman Baca Halaman Baru di Alun-Alun Jonggol, Kabupaten Bogor, Ahad (12/2). Selain donasi buku, Dompet Dhuafa juga menggelar dongeng ceria, pelatihan relawan pendidikan, dan asah kreativitas anak-anak di Taman Baca Halaman Baru.

Kegiatan ini difasilitasi Program Pusat Sumber Belajar dan Komunitas Keliling. "Program ini dirancang untuk mempertemukan masyarakat dan sumber belajar seperti buku, media belajar audio visual, dan media pembelajaran lain agar anak-anak makin letak dengan budaya literasi," ungkap Rina.

Tebar 1.000 Senyum untuk Jonggol diharapkan dapat memasifkan kesadaran literasi masyarakat Jonggol. Selain itu, dengan pendampingan tata kelola dan pengembangan taman baca, taman  baca juga diharapkan bisa tampil lebih apik dan menarik.

Perwakilan ERCI Chapter Depok Heri Darmawan mengatakan, berharap kehadiran Rumah Baca Halaman Baru bisa membuat anak-anak di Jonggol merasakan sarana pendidikan yang tidak jauh berbeda dari Jakarta. ''Dengan ada aneka buku, semoga anak-anak jadi makin minat baca,'' kata Heri.

Dalam kunjungan ERCI ke Taman Baca Halaman Baru, ETCI mendonasikan 10 dus buku. Kegiatan ERCI bersama Dompet Dhuafa sendiri bukan yang pertama. Mereka sering menggelar kegiatan bersama seperti pengajian dan menggalang dana bantuan bencana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement