Rabu 08 Feb 2017 15:16 WIB

STIDKI Ar-Rahmah: Sudah Saatnya Masjid Dikelola Profesional

Kegiatan ibadah mahasiswa STIDKI Ar Rahmah.
Foto: dok. istimewa
Kegiatan ibadah mahasiswa STIDKI Ar Rahmah.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam (STIDKI) Ar-Rahmah Surabaya, kembali memberikan beasiswa penuh 100 persen di 2017 ini. Langkah ini sesuai dengan visi besar STIDKI menjadi kampus model pencetak imam dan pakar manajemen masjid di level Asia Pasifik.

Kampus yang telah diresmikan langsung Wakil Gubernur Jawa Timur ini pada 2015 lalu ini, menggratiskan biaya perkuliahan, biaya hidup, dan biaya asrama untuk seluruh mahasiswanya. Melalui Program Studi S1 Manajemen Dakwah, STIDKI Ar Rahmah beriktiar dalam mencetak lulusan dengan kualifikasi imam sekaligus pakar manajemen masjid yang hafal Alquran 30 juz serta dai yang professional.

STIDKI Ar Rahmah telah mengantongi izin operasional dari Kemenag RI sejak 2015 melalui SK Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemeterian Agama Republik Indonesia Nomor 2013 Tahun 2015. Latar belakang berdirinya sekolah tinggi ini berangkat dari keperihatinan akan kondisi masjid-masjid di Indonesia yang tumbuh dan bertambah tapi cenderung sepi, jamaah yang sedikit, serta program dan kebersihannya pun tidak terkelola dengan baik.

“Sudah saatnya masjid-masjid dikelola lebih professional. Sudah saatnya kita perbanyak imam masjid yang tak hanya mumpuni ilmu agamanya, tapi juga bagus kompetensi manajerialnya, dekat dengan jamaah. Bahkan, mampu menjadi referensi dan solusi atas permasalahan jamahnya," ujar Ustaz H Muhammad Shaleh Drehem Lc, Pembina STIDKI Ar Rahmah yang juga menjabat sebagai Ketua IKADI Jawa Timur dalam keterangannya kepada Republika.co.id, hari ini.

Dalam menghadirkan layanan pendidikan yang terbaik, sekolah tinggi yang berlokasikan di Perak-Surabaya ini, mengembangkan pola pendidikan 24 jam berbasis asrama dengan kurikulum yang holistik-integratif, menggabungkan antara kurikulum kemenag dan kurikulum ma’had, serta pembinaan kepribadian dan kepemimpinan yang intensif. Dengan diperkuat oleh tenaga pengajar alumni perguruan tinggi ternama dari dalam dan luar negeri dan kerja sama dengan masjid-masjid model, lembaga pendonor, perguruan tinggi mitra, STIDKI Ar Rahmah bertekad membangun keunggulan hingga skala Asia Pasifik.

Pendaftaran STIDKI Ar Rahmah telah dibuka mulai 1 November 2016 hingga 31 Maret 2017. Calon mahasiswa cukup mendaftarkan dirinya secara online di pmb2017.stidkiarrahmah.ac.id. Demi mendapatkan bibit-bibit terbaik, tes seleksi mahasiswa baru tak hanya diselenggarakan di Surabaya, tapi juga di beberapa provinsi luar Jawa.

“Alhamdulillah, dengan dukungan banyak pihak, tahun lalu kami berhasil menjaring mahasiswa-mahasiswa terbaik yang berasal dari 14 propinsi. Tahun lalu, tes seleksi kami selenggarakan di 7 titik se Indonesia termasuk area Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatera. Begitupula tahun ini insya Allah,” kata Ustaz Ahmad Faiz Khudlari Thoha, Pembantu Ketua III STIDKI Ar-Rahmah.

Info lengkap dapat diperoleh di kampus STIDKI Ar Rahmah yang terletak di Jl. Teluk Buli I/3-5-7 Surabaya dengan situs resmi www.stidkiarrahmah.ac.id, atau kontak langsung melalui Ust. Elga Renjana 0857-3040-7678.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement