Ahad 05 Feb 2017 15:03 WIB

Belajar Alquran dengan Metode Adjani Sangat Efisien

Pelatihan 30 Menit Bisa Baca Alquran di kantor Republika (Ilustrasi)
Foto: Fuji E Permana/Republika
Pelatihan 30 Menit Bisa Baca Alquran di kantor Republika (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Saat ini, dunia terus berkembang dan tehnologi semakin modern. Maka seiring waktu, varian metode belajar membaca Alquran pun berkembang pesat. Dari cara manual hingga cara modern, menggunakan software khusus dan bisa dihubungkan ke komputer, laptop atau ponsel, atau TV. Bahkan, muncul klaim membaca Alquran dari nol hingga mahir, hanya dalam hitungan menit.

Begitu juga dengan metode Adjani. Metoda itu, saat ini, dinilai sebagai metode cepat membaca Aquran yang sesuai dengan zamannya. Mulanya, metode ini hanya digunakan oleh tiga pondok pesantren tahfiz Alquran di Kendal,  Pemalang, Jawa Tengah.

Selama 15 tahun metode ini di susun oleh Maknun Jauhari, Irfan dan Qomari. Sejauh pemantauan penyusun, siswa yang belajar metode ini, lebih cepat mampu membaca Alquran secara fasih dan tartil.

"Metode Adjani, Metode yang disebarkan sejak tahun 2000 bisa dipastikan siswa mampu mempelajari Alquran dengan cepat dan mudah," kata Makanu dalam keterangannya kepada Republika.co.id, hari ini. Penyusun sangat meyakini metode baca Alquran yang ada belum memadai karena terlalu mengandalkan hafalan dan tak mengenalkan cara tartil.

Metode mutakhir 

Adjani merupakan metode mutakhir membaca Alquran saat ini. Penyusun yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren Tahfiz, melihat kondisi masyarakat Muslim Indonesia menganggap membaca Alquran sebagai sesuatu yang menyeramkan, susah, dan cenderung kaku. Kondisi ini yang kemudian mendorongnya untuk membuat metode Adjani. "Lebih dari 200 santri tahfiz dengan menggunakan metode ini," katanya.

Dikatakan Maknun, ada tiga titik berat metode ini, yaitu penguasaan membaca, menulis dan menghafal Alquran, kefasihan melafalkan huruf dan kemampuan melafalkan ayat gharibah (asing) secara baik dan benar. Dari beragam metode membaca Alquran, silakan Anda temukan metode yang mudah, cepat dan praktis untuk memperlancar bacaan," ujarnya.

Adjani saat ini melakukan training dan sosialisasi kepada seluruh para pengajar Ilmu Alquran di Sekolah. Al-Azhar BSD mengadakan training kepada seluruh guru agama agar setiap siswa al-Azhar BSD mampu membaca Alquran dengan baik dan benar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement