Kamis 19 Jan 2017 09:45 WIB

Pertamina Gandeng Baznas Kerja Sama Program Kesehatan

PT Pertamina (Persero) Area Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) menggandeng Baznas dalam program kesehatan gratis untuk masyarakat miskin.
Foto: baznas
PT Pertamina (Persero) Area Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) menggandeng Baznas dalam program kesehatan gratis untuk masyarakat miskin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) Area Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) menggandeng Baznas dalam program kesehatan gratis untuk masyarakat miskin. Pemberian Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan tersebut diberikan kepada Rumah Sehat Baznas (RSB) Timah Pangkal Pinang.

CSR yang diberikan berupa alat kesehatan untuk menambah peralatan medis RSB Timah Pangkal Pinang, agar layanan kesehatan bagi mustahik fakir miskin Pangkal Pinang dan Bangka makin prima. Bantuan diserahkan oleh Bagian CSR PT Pertamina (Persero) Tbk. Area Sumbagsel, Haris Yanuanza kepada Kepala Bagian CSR, Fitriansyah Agus Setiawan di RSB TIMAH Pangkal Pinang, Selasa (17/1). Dalam Acara tersebut juga dilaksanakan Penyuluhan Kesehatan : Gigi Mulut Lansia, Hidung Telinga dan Diabetes Melitus serta pengajian.

Direktur Amil Zakat Nasional, Arifin Purwakananta menyambut baik kerjasama dengan Pertamina ini. Kerjasama ini menunjukkan CSR makin berkontribusi pada program pembangunan umat, utamanya kaum miskin yang membutuhkan uluran tangan. “Baznas terus berinovasi untuk membuat program-program yang bermanfaat besar bagi orang miskin dengan partisipasi para mitra yang memiliki visi sama untuk pembangunan umat,” katanya.

Selain di Kota Pangkal Pinang, Rumah Sehat Baznas telah berdiri di empat kota yaitu Jakarta, Yogyakarta, Sidoarjo dan Makassar. Rumah Sehat didirikan atas kerjasama berbagai pihak, salah satunya dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membiayai pembangunan gedung dan alat medis. Tanah yang digunakan merupakan wakaf dari organisasi setempat, sedangkan dana zakat digunakan sebagai dana operasional RSB, termasuk pembelian obat-obatan.

Setiap bulan RSB memberikan pelayanan kesehatan kepada ribuan orang miskin secara gratis. Berbagai layanan tersedia, baik di dalam maupun secara aktif di luar gedung mendatangi kantong-kantong kemiskinan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement