Rabu 04 Jan 2017 20:00 WIB

Masjid Jum'ah Wekande Lahirkan Hafiz Alquran

Masjid Jumah Wekande
Foto: blogspot.com
Masjid Jumah Wekande

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Seperti kebanyakan masjid lainnya, Masjid Jum’ah We kande pun tak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah. Ia juga menjadi pusat aktivitas pendidikan dan keislaman.

(Baca: Masjid Jumah Wekande Bukti Kiprah Muslim Nusantara di Sri Langka)

Di berbagai negara, aktivitas tambahan yang dihelat sebuah masjid memberikan kontribusi dan nilai tambah bagi kehidupan umat Islam di sekitarnya. Di Masjid Jum’ah Wekande, didirikan sebuah madrasah yang khusus mempelajari tentang Alquran dan bahasa Arab.

Deen Joonoos, salah seorang anggota Dewan Pembina Masjid Jum’ah Wekande, mengatakan, sebuah masjid harus menyatu dengan kehidupan Muslim di sekitarnya. Itu pula yang diinginkan dari keberadaan madrasah tersebut.

Madrasah Ma’al Wekande berdiri pada 1997. Lebih dari 100 siswa, baik laki-laki maupun perempuan, menghadiri kelas reguler untuk mengkaji Alquran.

(Baca Juga: Lampu Minyak di Masjid Jumah Wekande)

Pihak masjid menyediakan buku-buku, alat tulis, dan seragam bagi seluruh siswa madrasah tanpa dipungut biaya. Meski gratis, pendidikan di madrasah ini telah berhasil menelurkan sejumlah penghafal Alquran.

Selain madrasah, masjid ini juga menyediakan ruang khusus bagi jamaah wanita. Pembuatan ruang khu sus ini bermula dari kesulitan ja maah perempuan untuk menunaikan shalat di ruangan dalam masjid karena akan bercampur dengan jamaah pria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement