Sabtu 24 Dec 2016 12:20 WIB

Masjid At-Tin Gelar Milad Akbar Ke-17, Ini Rangkaian Acaranya

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Damanhuri Zuhri
Masjid At-Tin (ilustrasi).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Masjid At-Tin (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Agung At-Tin mengadakan perayaan milad akbar ke-17. Menurut pihak panitia Milad, Amirul Mustafa, acara ini digelar sejak Jumat (23/12) hingga Ahad (25/12) nanti.

Milad akbar telah dirutinkan setidaknya sejak 2015 lalu. Rangkaian acaranya terdiri atas kegiatan-kegiatan dakwah, bakti sosial, dan bazar yang dilaksanakan di lantai dasar.

“Milad Akbar ke-17 ini, kami mengangkat tema ‘Silaturahim dan Dakwah dalam Merajut Persatuan Bangsa untuk Indonesia yang Bermartabat,” ungkap Amirul Mustafa saat ditemui di Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur, Sabtu (24/12).

Jumat (23/12) pagi lalu, ada Pelatihan Ilmu Faraidh. Kemudian, di hari yang sama ada pelatihan “Membangun Jejaring Seribu Pengajar Alquran” oleh komunitas One Day One Juz (ODOJ). Pelatihan tersebut berlangsung sejak pagi hingga sore dan diikuti sekitar 500 peserta.

Hari ini (24/12), ada kegiatan sunatan massal yang diikuti 315 peserta anak-anak. Menurut Amirul, sunatan massal merupakan ikon Milad Akbar At-Tin. Para peserta berasal dari DKI Jakarta maupun daerah.

Panitia tidak membatasi kepesertaan hingga acara ini usai. Masih di hari Sabtu (24/12), mulai pukul 08.00-11.00 WIB ada Tabligh Akbar Radio Rasil yang diisi penceramah Habib Hussein al-Attas di lantai dua Masjid At-Tin.

Bakda Zuhur, akan ada ustaz Valentino Dinsi, yang akan mengisi materi bertemakan “Entrepreneur: Muslim Harus Kaya.” Bakda shalat ashar, ada Seminar //Parenting// yang bertema “Sukses Menjadi Orang Tua” dengan pembicara Ustadz Bendri Jaisyurrahman.

Malam hari bakda shalat Isya, akan ada mabit atau sesi bermalam di masjid. Itu dibimbing KH Tengku Zulkarnain dan Ustaz Bobby Herwibowo Lc dari Askar Kauny. Mabit akan berlangsung hingga pukul 22.00. Tengah malam, para peserta mabit akan melakukan //qiyamul lail// dan shalat tahajud bersama-sama. Kemudian, tadarus Alquran hingga pagi.

Pada Ahad (25/12), pukul 08.00-10.00 WIB di Masjid At-Tin akan ada lomba tahfidz Alquran surah Ar-Rahman. Menurut Amirul, awalnya panitia membatasi peserta hanya untuk tingkat SD-SMP.

Namun, semangat jamaah begitu besar, sehingga panitia akhirnya membebaskan kepesertaan untuk umum, anak maupun dewasa. Lomba hapalan Alquran ini diselenggarakan Askar Kauny. “Total peserta sudah lebih dari lima ribu orang. Peserta berasal dari DKI Jakarta dan daerah-daerah,” jelasnya.

Di hari yang sama, pada pukul 10.00 WIB sampai jelang shalat zhuhur, ada acara talkshow Pernikahan Syar’i yang mengundang pembicara yakni Ustazah Oky Setiana Dewi, Ustaz Riza Muhammad, dan artis Dude Herlino.

Bakda shalat zhuhur, Ustaz Bobby Herwibowo Lc dari Askar Kauny akan membawakan materi bertema “Menghapal Alquran Semudah Tersenyum.” Acara ini ditutup dengan Wisuda Akbar Tahfiz Surah Ar-Rahman, yang akan diikuti para peserta lomba sebelumnya.

Kemudian, pada pukul 14.00 WIB di Masjid At-Tin akan ada acara Bedah Buku oleh Gema Insani Press dan Road Show Dakwah Indonesiaku antar-remaja masjid, yang dikoordinasi Pemuda Remaja Masjid At-Tin (PRISMA). “Kegiatan-kegiatan ini atas kerja sama dari pihak Masjid At-Tin, Askar Kauny, Sedekah Ngider, dan ODOJ,” ujarnya menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement