Selasa 20 Dec 2016 19:16 WIB

Zikir Melahirkan Keikhlasan

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agus Yulianto
Arifin Ilham
Foto: Republika/Yasin Habibi
Arifin Ilham

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Majelis Az Zikra, Ustaz Arifin Ilham, menilai, dzikir-dzikir yang rajin dilakukan seorang manusia tidak lain cuma akan membawa kemanfaatan. Keikhlasan, merupakan salah satu manfaat yang paling besar yang didatangkan dari kegemaran berdzikir. "Dzikir itu bisa melahirkan keikhlasan," kata Arifin kepada Republika di GOR Az Zikra, Selasa (20/12).

Dikatakan Arifin, begitu banyak manfaat dari dzikir sudah disebutkan Allah SWT melalui Alquran, sehingga tidak ada alasan lain bagi umat Islam tidak menjadikannya suatu kegemaran. Lewat surat Nuh 10-12, kata dia, telah disebutkan salah satu kemanfaatan yang diberikan kepada ahli dzikir adalah Allah SWT ampuni dosanya.

Kemudian, dzikir akan menurunkan hujan, memudahkan orang-orang yang gemar melakukannya mendapatkan rejeki yang halal, memberikan mereka keturunan yang baik dan mensejahterakan mereka dengan kebun dan sungai. Karenanya, dari surat itu saja sudah begitu banyak keuntungan berdzikir. "Belum banyak dari surat-surat lain," ujarnya.

Meski begitu, tidak lupa, dia mengingatkan, agar umat Islam, khususnya yang ada di Indonesia, agar senantiasa ikhlas melakukan suatu ibadah tidak lain untuk Allah SWT. Menurut Arifin, keikhlasan itulah yang akan memberikan manfaat terbesar, tidak terkecuali dari gemar berdzikir, yaitu istiqomah di jalan Allah SWT.

"Lisan itu bahasanya, air mata menangis itu buahnya, ahlak itu hasilnya, tapi siapa yang berdzikir dengan ikhlas, pasti berbuah istiqomah," ujar Arifin.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement