Senin 19 Dec 2016 22:21 WIB

Jabar Bantu Warga Pidie Jaya Bangun Kembali Masjid

Prajurit TNI mengoperasikan alat berat untuk membersihkan puing Masjid Jamik Quba yang roboh akibat gempa bumi 6,5 SR di Pidie Jaya, Aceh, Sabtu (10/12).
Foto: Antara/Rahmad
Prajurit TNI mengoperasikan alat berat untuk membersihkan puing Masjid Jamik Quba yang roboh akibat gempa bumi 6,5 SR di Pidie Jaya, Aceh, Sabtu (10/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat membantu pembangunan kembali sebuah masjid di Gampong/Kampung Deah Teumanah, Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, yang Masjid Darul Ihsan.

Usai diguncang gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter pada Rabu (7/12), bangunan Masjid Darul Ihsan yang merupakan masjid terbesar di Gampong Deah Teumanah tersebut, saat ini sudah rata dengan tanah.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) yang datang ke lokasi masjid tersebut, Senin siang, menyerahkan bantuan dana sebesar Rp1 miliar kepada pengurus DKM Masjid Darul Ihsan untuk kembali membangun masjid dan sekolah di kawasan tersebut yang juga rusak berat akibat gempa bumi.

"Semoga dengan bantuan dari masyarakat Jawa Barat ini, masjid dan sekolah di sini bisa segera dibangun kembali," ujar Aher.

Pada Senin siang, Pemprov Jawa Barat menyumbangkan dana sebesar Rp4 miliar untuk korban gempa, di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, dan bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan kepada Bupati Pidie Jaya H Aiyub Abbas di Poskomando Utama Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

"Total ada Rp4 miliar bantuan yang berhasil kami himpun untuk korban gempa di Pidie, Aceh, rinciannya dari Pemprov Jabar sebesar Rp2 miliar, kemudian Rp2 miliar lagi itu dana dari masyarakat yang dihimpun oleh Baznas Jabar dan Rumah Zakat serta Bank bjb melalui program CSR-nya," kata Ahmad Heryawan usai memberikan bantuan tersebut.

Dalam kunjungannya tersebut Aher beserta Asda III Bidang Kesejahteraan Setda Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi, Direktur Utama bank bjb Ahmad Irfan dan Bupati Pidie Jaya melaksanakan Shalat Dzuhur berjamaah bersama pengungsi di sebuah tenda yang disulap menjadi mushalla.

Usai melaksanakan ibadah Shalat Dzuhur berjamaah, Aher menikmati hidang makan siang yang disiapkan oleh tim dapur Posko Jawa Barat Peduli Gempa Aceh bersama para pengungsi. Kunjungan Aher di lokasi pengungsian diakhiri dengan menghibur anak-anak korban gempa di Gampong/Kampung Deah Teumanah, Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh di sekolah darurat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement