Senin 12 Dec 2016 16:55 WIB

JIH Dapat Jadi Model RS Berbasis Syariah

Penulis buku The Celestial Management A Riawan Amin (kanan) menjadi nara sumber seminar nasioanl bertajuk
Foto: Dok TCM
Penulis buku The Celestial Management A Riawan Amin (kanan) menjadi nara sumber seminar nasioanl bertajuk "Pengelolaan Rumah Sakit Berbasis Syariah" d Jogjakarta, Sabtu (10/12/2016).

REPUBLIKA.CO.ID, JOGJAKARTA – Rumah Sakit (RS)   Jogja   International  Hospital (JIH) menggelar seminar nasional bertajuk “Pengelolaan Rumah Sakit  Berbasis Syariah”. Seminar yang diadakan di Auditorium RS JIH, Jogjakarta, Sabtu (10/12/2016) itu menampilkan penulis buku "The Celestial Management" dan pendiri Celestial Management Foundation Dr A Riawan Amin MSc.

Riawan Amin mengatakan, tidak mudah membangun branding Islamic organisation.  Sebaliknya tidak mudah pula membangun organisasi kompetitif   dari kaca mata rasional.

“Alhamdulillah JIH dapat menjadi model bagi rumah sakit-rumah sakit berbasis syariah dari seluruh Indonesia. Hal itu karena kesuksesan JIH  membangun universal Islamic values (nilai-nilai universal Islam) yang kompetitif secara rasional sekaligus nilai-nilai  Islami yang specifik bagi Islamic organisation,” ujar Riawan Amin dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (10/12/2016).

Dalam kesempatan tersebut, Riawan menyampaikan konklusi sebagai berikut. Pertama, umat Islam  kurang menyadari  power-nya yang terserak karenanya Riawan yang juga chairman Aladin International Indonesia sedang menginisiasi sebuah Global Halal platform. Riawan juga mengutip pendiri Gerakan Beli Indonesia Happy Tranggono, yakni “Jual ke seluruh dunia, beli hanya local resources”.

Kedua, kata Riawan, perkembangan industri syariah di sektor riil tidak akan optimal jika industri keuangan syariahnya kurang berkembang. “Ketiga, sebagaimana manusia menjadi mulia dengan hidupnya ruh yang ditiupkan Allah ke dalam dirinya,  organisasi juga harus menghidupkan ruhnya untuk dapat bersaing,” papar Riawan Amin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement