Selasa 06 Dec 2016 09:40 WIB

Ribuan Muslim Semarakkan Morowali Mengaji

Ribuan umat Muslim hadir di Morowali Nusantara Mengaji, Senin (5/12)
Foto: dok Nusantara Mengaji
Ribuan umat Muslim hadir di Morowali Nusantara Mengaji, Senin (5/12)

REPUBLIKA.CO.ID, MOROWALI—Ribuan jamaah umat Islam larut melantunkan ayat-ayat suci Alquran dalam Morowali Nusantara Mengaji. 

Acara yang dimotori dan digagas oleh Bupati Morowali, Anwar Hafiz dalam rangka HUT Kabupaten ke-17 ini dihadiri lebih dari 50 puluh ribu jamaah.

Menurut Anwar, gema gerakan Nusantara Mengaji yg diinisiasi Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin ini, merupakan gerakan yang senafas dengan keberagaman kehidupan masyarakat Morowali. 

“Karena itu saya sengaja mengundang Cak Imin bersama menggelar Morowali Mengaji,” katanya di Lapangan Pendopo Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Senin (5/12).

Anwar mengungkapkan di Morowali, setiap kecamatan sudah didirikan rumah hafiz. Targetnya adalah mewujudkan ide Cak Imin dan gerakan Nusantara Mengaji bahwa disetiap desa ada satu hafiz  (one village on hafidz)

Selain khataman Alquran, acara ini juga dimeriahkan oleh penyayi religius, Opick. Pada akhir acara, Bupati Morowali sempat memberikan hadiah umrah kepada para 17 jamaah yang hadir.

Dalam sambutannya, Cak Imin menyampaikan apresiasi terhadap antusiasme masyarakat. Alhamdulillah masyarakat Morowali punya disiplin dalam shalat berjamaah. “Begitu juga dalam mengaji," katanya. 

Menurut Cak Imin, mengaji Alquran harus menjadi tradisi menuju perbaikan Indonesia. Yang memperkokoh bangsa Indonesia adalah usaha keras yang ditopang upaya spiritual. 

“Indonesia pun akan maju kalau usaha lahiriyah dan batiniyah dipadukan," tuturnya.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement