Selasa 06 Dec 2016 00:13 WIB

Rohingya Sempat Jadi Bahasan Menteri Agama 4 Negara

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agung Sasongko
Rohingya
Foto: AsiaNews
Rohingya

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Senior Official Meeting (SOM) Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura (MABIMS) turut membahas Rohingya. Sayangnya, forum memang tidak membahas isu itu secara eksklusif.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nur Syam, mengungkapkan ada sedikit pembahasan tentang Muslim Rohingya. Namun, ia menuturkan, pembahasan kali ini lebih kepada bantuan pendidikan dan ekonomi masyarakat Rohingya.

"Meskipun tidak eksklusif, forum sempat membicarakan untuk membantu pendidikan dan ekonomi masyarakat Rohingya," kata Nur Syam keapda Republika.co.id, Senin (5.11).

Ia menerangkan, tiap delegasi negara-negara MABIMS memiliki kesempatan memaparkan bahasan yang dimiliki. Terkait itu, lanjut Nur Syam, Malaysia memaparkan kerja sama pembangunan serantau dan luar serantau, dan Singapura membahas kerukunan umat beragama.

Meski begitu, ia menekankan isu hak asasi manusia tidak melulu soal kondisi umat Islam yang selama ini berada di layar. Namun, Nur Syam mengingatkan, pembahasan hak turut mengacu kepada gerakan agama lokal yang gunakan HAM sebagai tameng.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement