Senin 28 Nov 2016 00:43 WIB

Ghirah Agama adalah Rahasia Energi

Aksi Damai bagian dari ghirah Islam, karena tak senang Alquran dilecehkan
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Aksi Damai bagian dari ghirah Islam, karena tak senang Alquran dilecehkan

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Nashih Nashrullah

JAKARTA -- Sebuah risalah sederhana yang ditulis oleh Syekh Ibrahim bin Muhammad al-Haqil, menguraikan ihwal cemburu menurut Islam. Lewat karyanya yang berjudul al-Ghirah Baina as-Syar'i wa al-Waqi', Ibrahim hendak menegaskan hakikat perasaan cemburu itu. Menurut Islam, cemburu sama sekali bersih dan terjauh dari berahi dan nafsu duniawi.

Cemburu -dalam bahasa Arab memakai kata ghirah- yang dimaksud, ialah kala seseorang menyaksikan sendi-sendi dan ajaran agama dilecehkan dan tidak diindahkan, hatinya tergugah dan berontak. Seorang mukmin sejati akan merasa cemburu dan tak nyaman, ketika melihat larangan-larangan Allah SWT justru banyak dilanggar. Inilah hakikat cemburu,  kata Ibrahim.

Minimnya rasa cemburu itu dari seorang mukmin, menunjukkan lemahnya frekuensi iman yang dimiliki. Karena, seperti penegasan hadis riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah, sesungguhnya Allah akan cemburu, demikian pula seyogianya seorang mukmin. Kecemburuan Allah itu, tatkala larangan-larangan-Nya diabaikan.

Rasulullah SAW, merupakan sosok mukmin yang paling memiliki rasa cemburu dalam arti syar'i. Ini ditegaskan dalam hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah. Rasul menegaskan, dirinya merupakan figur pencemburu dalam pengertian syar'i. Dan Allah lebih pencemburu lagi, sabda Rasul. Dan, para sahabat merupakan generasi berikutnya yang mewarisi rasa tersebut secara kental.

Perasaan cemburu itu, sangat urgen dalam Islam. Cemburu dalam pengertian syar'i itu, mendatangkan kebaikan dan menghalangi keburukan serta mencegah keprofanan di masyarakat. Rasa ini juga akan menciptakan suasana yang kondusif dan kontrol sosial yang tinggi di masyarakat.

Nurani mana yang tega, saat maksiat bertebaran di sekitarnya. Perlu ada aksi konkret, dengan berbagai tahapannya, seperti dakwah dengan lisan, keteladanan, atau upaya persuasif lainnya. Bila perlu represif, dengan menjunjung tinggi aturan dan norma hukum yang berlaku di masyarakat.

Hal ini ditunjukkan dengan tegas oleh Abu Bakar kala memerangi orang-orang yang murtad dan menolak membayar zakat. Ketika Umar bin Khattab mencoba menenangkan sahabatnya itu, Abu Bakar marah. Hai Umar jawablah: apa kita harus bersikap keras semasa jahiliyah dan justru lembek sewaktu Islam?

Diakui, tak semua orang mempunyai rasa cemburu itu. Ada saja kelompok yang justru terjebak dalam jurang kemaksiatan. Larangan-larangan Allah tak lagi mereka indahkan. Tak ada lagi batasan halal dan haram. Dan, ini mereka jadikan sebagai jalan hidup. Merugilah mereka.

Dan apabila mereka melakukan perbuatan keji, mereka berkata, 'Kami mendapati nenek moyang kami mengerjakan yang demikian itu, dan Allah menyuruh kami mengerjakannya.' Katakanlah, 'Sesungguhnya Allah tidak menyuruh (mengerjakan) perbuatan yang keji.' Mengapa kamu mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui? (QS al-A'raf [7]: 28).

Faktor penyebab penyusutan atau bahkan hilangnya rasa cemburu itu, antara lain, tindakan dosa dan maksiat. Ini kaitannya dengan frekuensi keimanan seseorang yang akan menambah saat tak bermaksiat dan akan terdegradasi akibat perbuatan dosa.

Ibn al-Qayim, dalam ad-Daa' wa ad-Dawaa' mengatakan, salah satu dampak perbuatan dosa, yakni memadamkan api kecemburuan dalam hati, padahal api tersebut merupakan senyawa penting untuk keberlangsungan hidupnya, seperti peran krusial suhu panas untuk tubuh manusia.

Suhu panas cemburu, mengeluarkan, dan mencegah tindakan dan sikap keji. Maka, penting menjaga agar suhu panas cemburu itu, tetap bertahan dalam hati. Membiarkannya padam, hanya akan mengantarkan seseorang ke arah jalan yang tak menentu. Dan sebab itu, berdoalah agar Allah SWT senantiasa melimpahkan hidayah-Nya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement