Senin 07 Nov 2016 17:03 WIB

Pentingnya Mensyukuri Tidur

Rep: A Syalabi Ichsan/ Red: Agung Sasongko
Tidur (ilustrasi)
Foto: Youtube
Tidur (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Seberapa nyenyak tidur Anda malam tadi? Apakah Anda tertidur pada awal waktu hingga ayam berkokok? Ataukah Anda terpaksa harus mengubah waktu tidur Anda karena bekerja shift malam sehingga harus beristirahat pada siang?

Kemungkinan lainnya, Anda adalah orang yang mengalami kesulitan tidur. Banyak masalah di kantor dan keluarga membuat tidur nyenyak menjadi sesuatu yang sangat mahal bagi Anda.

Para ilmuwan percaya bahwa tidur yang cukup berpengaruh terhadap mental, konsentrasi, memori, hingga mood seseorang. Tidur yang tidak cukup merusak fungsi metabolisme tubuh manusia. Dalam pemahaman yang lebih singkat, tidur dapat membangun kualitas hidup manusia.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, tidur berarti dalam keadaan berhenti badan dan kesadarannya, biasanya dengan memejamkan mata. Di dalam bahasa medis, tidur mendapatkan penjelasan lebih kompleks. Tidur adalah masa istirahat untuk tubuh dan jiwa.

Selama tidur, kesadaran dan kemauan mengalami penundaan, baik sebagian maupun keseluruhan. Tidur juga dijelaskan sebagai sikap tubuh yang diam, tetapi mudah merespons jika ada stimulus dari luar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement