Sabtu 05 Nov 2016 12:51 WIB

Enam Pemuda NTT Lintas Agama ke Bogor

Komunitas Muslim Kupang, NTT
Foto: ANTARA
Komunitas Muslim Kupang, NTT

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Provinsi Nusa Tenggara Timur mengutus pemuda lintas Agama ke Bogor dalam rangka mengikuti 'Kemah Pemuda Lintas Agama tingkat Nasional' pada 06-10 November 2016. Kemah Pemuda Lintas Agama ini bertujuan agar orang-orang muda selain belajar memahami agamanya masing-masing juga sebagai kesempatan untuk menularkan ajaran-ajaran universal dalam agama-agamanya yakni penghormatan terhadap keutuhan martabat manusia dan lingkungan hidup.

Kasubag Hukum dan KUB Kanwil Kemenag NTT Bobby Octavianus menyampaikan, sesuai penjatahan yang diberikan oleh Pusat Kerukunan Umat Beragama sebagai penyelenggara kegiatan, NTT tahun ini mendapat jatah 6 orang. Keenam orang itu mewakili agama-agama yang diakui secara resmi di Indonesia.

Kepala Bidang Haji dan Bimas Islam Kanwil Kemenag NTT Syamsul Maarif mewakili Kakanwil Kemenag NTT mengatakan, Kemah Pemuda Lintas Agama memiliki tujuan agar orang-orang muda selain belajar memahami agamanya masing-masing. Selain itu, juga sebagai kesempatan untuk menularkan ajaran-ajaran universal dalam agama-agamanya yakni penghormatan terhadap keutuhan martabat manusia" dan lingkungan hidup.

Di tengah pengaruh arus globalisasi yang tak terbendung dewasa ini, orang-orang muda Indonesia dari semua golongan agama diharapkan memiliki kesamaan visi yakni menjaga kelestarian budaya bangsa dan mengamalkan nilai serta ajaran-universal dari agamanya secara utuh," ujar Syamsul.

Tidak hanya itu, tambahnya, sebagai generasi penerus bangsa ini, kaum muda dipanggil untuk terlibat dalam membentuk karakter kepribadian bangsa melalui keteguhan sikap menjaga empat pilar bangsa Indonesia yakni Undang-Undang Dasar 1945, Pancasila, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Syamsul sangat mengharapkan kepada peserta agar selalu mengedepankan nilai nilai persaudaraan, keterbukaan dan kesetiakawanan bukan hanya untuk kelompok atau kalangan sendiri akan tetapi harus terbuka juga membaur diri dengan sesama saudara kita dari daerah lain. Karena itu, pihaknya menitipkan pesan agar melalui even nasional ini untuk memperkenalkan keunggulan-keunggulan daerah ini seperti potensi-potensi wisatanya dan tidak lupa juga tentang perilaku kehidupan keagamaan NTT yang sudah dikenal secara nasional sebagai provinsi dengan indeks kerukunan yang paling tinggi.

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement