Jumat 04 Nov 2016 15:54 WIB

Komunitas Pemulung LMI Kawal Kebersihan Aksi Bela Islam

 Komunitas Halaqoh Dzikir PEmulung (HDPE)
Foto: Istimewa
Komunitas Halaqoh Dzikir PEmulung (HDPE)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komunitas Halaqoh Dzikir PEmulung (HDPE) ambil bagian dalam aksi damai di Jakarta, Jumat (4/11). Komunitas dibawah pembinaan Laznas Lembaga Manajemen Infaq (LMI) ini pun bergabung dengan saudara mereka seperti Lapak Sampah Indonesia(LSI), Fusi Foundation (FF), Mualaf Center Indonesia (MCI), dan Gerakan Membersihkan Masjid (Gemmas) untuk membersihkan sampah di rute aksi demo.

Direktur Utama LAZNAS LMI, Agung Heru Setiawan di sela-sela melakukan pembersihan mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana mengenalkan pemulung bahwa Islam Itu damai."Dan masyarakat Islam yang ikut Aksi juga mengetahui bahwa dibalik kehidupan yang keras, para pemulung memiliki perhatian terhadap permasalahan Islam, walau mereka dianggap kurang berpendidikan dan apatis terhadap kondisi umat saat ini," kata dia.

Dengan mengenakan peralatan lengkap seperti sarung tangan, plastik hitam, dan penutup hidung, para pemulung ini membersihkan seluruh sampah seperti botol minuman air mineral, kardus, bungkus makanan, dan lainnya ke dalam wadah plastik. Wadah plastik itu dikumpulkan sebelum nantinya diangkut.

Sejak pagi hari, massa aksi berkumpul di Masjid Istiqlal Jakarta. Di sana, mereka laksanakan shalat Jumat. Kemudian, para peserta aksi bergerak menuju bundaran HI dan Istana Negara.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement