Rabu 02 Nov 2016 14:44 WIB

Rumah Zakat Bantu Bangun Rumah Korban Banjir Garut

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agung Sasongko
Rumah Zakat membantu pembangunan rumah korban banjir Garut.
Foto: RZ
Rumah Zakat membantu pembangunan rumah korban banjir Garut.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Rumah Zakat (RZ), membangun rumah untuk korban banjir Bandang Garut. RZ memberikan bantuan Rp 700 juta untuk membangun 10 rumah korban banjir Garut.

Lokasi pembangunan rumah tersebut, berada di Blok Pananggungan Kel Lengkong Jaya Kec Karangpawitan, yang berjarak 3 Km dari lokasi bencana. Menurut CEO RZ Nur Efendi, tujuan dari program ini adalah menyediakan perumahan layak huni bagi warga yang menjadi korban banjir bandang.

"Sebab, banyak warga yang rumahnya hancur akibat dari bencana tersebut, sehingga kini mereka terpaksa mengungsi di rumah saudara, tetangga, dan kerabat lainnya," ujar Nur, usai kegiatan peletakan batu pertama Rumah Relokasi Korban Banjir Garut di Kp. Pananggungan Kel Lengkong Jaya Kec. Karangpawitan, Rabu (2/11).

Nur mengatakan, proses pembangunan rumah dengan luas bangunan 36 meter dan lahan 60 meter tersebut, diprediksi akan selesai akhir tahun 2016. Sehingga, tahun depan, para korban bencana banjir bandang dapat menempati rumah khusus yang berdiri di atas lahan milik Pemkab Garut tersebut.

"Untuk penentuan 10 Kepala Keluarga yang akan menempati rumah ini, ditentukan oleh pihak Pemkab," katanya.

Karena, kata Nur, Pemkab Garut lebih mengetahui siapa saja yang lebih berhak untuk menerima bantuan tersebut. Dengan adanya program ini, Ia berharap lingkungan perumahan di sekitar kawasan kota dapat tertata dan terjaganya keseimbangannya, adanya peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta peningkatan produktivitas.

"Niat baik dari Pemkab Garut pastinya harus didukung karena memang sejalan dengan misi RZ yakni memberdayakan masyarakat Indonesia," katanya.

Dukungan dan Donasi Masyarakat untuk Aksi Peduli Bencana Sejak hari pertama terjadinya banjir bandang di Kabupaten Garut, RZ menginisiasi program Aksi Peduli Bencana sesuai dengan prioritas dan kebutuhan korban dan masyarakat terdampak secara umum. Rangkaian program Aksi Peduli Bencana ini dimulai dari menerjunkan para relawan untuk evakuasi, distribusi 15.000 nasi bungkus, 3.000 kornet Superqurban, 1.500 paket sanitasi, serta pemeriksaan kesehatan dan posko siaga selama periode tanggap bencana.

Dikatakan Nur, atas dukungan dan donasi dari berbagai donatur dan mitra, RZ juga melaksanakan aksi recovery seperti pembersihan lingkungan dan 500 rumah warga. Selain itu, juga telah dilakukan pengecatan rumah dan berbagai fasilitas umum.

"Pembangunan rumah relokasi di Blok Pananggugan ini pun menjadi bagian pendistribusian bantuan bagi korban banjir,”kata Nur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement