Senin 31 Oct 2016 14:18 WIB

Kemenag Gelar Bintal Bagi Napi Lapas Masmil Kertosari

Seorang warga binaan. (Ilustrasi)
Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Seorang warga binaan. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SENTANI -- Keluarga besar Pemasyarakatan Militer (Masmil) Kertosari, menyelenggarakan Penyuluhan Pembinaan Mental serta pembinaan Rohani kepada Napi TNI yang beragama Islam berlangsung di Masjid Al Hidayah Kertosari, Kabupaten Jayapura.

Materi penyuluhan dibawakan oleh Jalia Bugis SHi, tenaga penyuluh pada Kantor Kemenag Kabupaten Jayapura. Jalia menjelaskan, bahwa setiap manusia menurut Islam, dilahirkan dengan membawa fitrah yaitu berbagai kemampuan potensial bawaan dan kecenderungan sebagai Muslim/orang yang berserah diri kepada Allah SWT.

"Namun, dalam perjalanan hidupnya, manusia tidak jarang juga di perhadapkan dengan berbagai godaan yang membawa manusia kepada kemaksiatan dan kejahatan. Perbuatan-perbuatan inilah yang seringkali menjerumuskan para pelakunya ke meja hijau dan akhirnya ke penjara," ujarnya, Senin (31/10).

Menurut dia,tidak semua narapidana adalah orang-orang yang jahat atau yang sengaja berbuat kejahatan. "Mungkin di antara mereka merupakan orang-orang yang sedang tersesat jalan atau sedang rapuh batinnya," ujar Jalia Bugis dihadapan para penghuni Masmil.

Pembinaan mental bagi napi yang dilakukan atas kerja sama Kepala Masmil Kertosari dan Kemenag Kabupaten Jayapura ini diharapkan, akan membawa perubahan perilaku bagi para napi yang sementara menjalani masa hukuman. Ke depan, harapannya setelah keluar dari lembaga ini, mereka akan menjadi manusia yang bertaqwa serta berpengang pada Alquran dan al hadis.

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement