Selasa 25 Oct 2016 05:23 WIB

Teladan Keluarga Nabi Ibrahim

Rep: c62/ Red: Agung Sasongko
Kota Makkah
Air zam-zam tersedia di tiap sudut masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah engkau akan meninggalkan kami di lembah yang tidak ada seorang pun manusia dan tidak ada sesuatu apa pun? tanya Hajar. Ibrahim tetap diam. Hajar pun kembali bertanya. Apakah Allah SWT yang menyuruhmu melakukan ini semua? katanya dengan sedikit berteriak karena langkah Ibrahim mulai jauh.

Kali ini Ibrahim menjawab pertanyaan dari Siti Hajar. Memang jawabannya tidak panjang, cukup dengan satu kata. Ya, katanya. Kalau memang demikian, Dia (Allah) tidak akan mengabaikan kami, kata Hajar. Langkah Ibrahim pun tidak tampak lagi. Setelah Hajar tidak terlihat lagi, Ibrahim berdoa untuk keselamatan istri dan anaknya.

Doa yang dipanjatkan Ibrahim seperti diabadikan dalam surah Ibrahim ayat ke-37. Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanaman-tanaman di dekat rumah- Mu (Baitullah) yang dihormati.

Ya Tuhan kami, yang demikian itu agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan berikanlah rezeki kepada mereka dari buah-buahan. Mudah-mudahan mereka bersyukur. Kecemasan mulai terasa setelah semua persedian makanan dan minuman yang ditinggalkan Ibrahim sudah habis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement