Selasa 04 Oct 2016 05:15 WIB

3 Kunci Meneladani Rasulullah

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agung Sasongko
Rasulullah
Foto:

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Shiddiq merupakan sifat pertama yang dimiliki Rasulullah. Shiddiq berarti benar. Sifat ini wajib dimiliki oleh seorang Rasulullah karena setiap perkataan dan perbuatan yang dilakukan harus di jalan kebenaran.

Iman yang diyakini oleh umat Muslim terhadap Allah SWT harus didasarkan atas kebenaran dari tindakan, pemikiran, dan ibadah yang dilakukan Rasullullah. "Shiddiq energi berbuat amanah atas segala perintah-Nya,” tutur dia.

Amanah yang menjadi sifatnya pun memiliki pengertian yang luas. Rasul memiliki sifat amanah, artinya dapat melaksanakan tugas yang diemban, baik sebagai nabi, rasul, kepala keluarga, pemimpin, suami, ayah, dan orang yang hidup dengan sesama manusia.

Sebagai seorang khalifah, Rasul juga memiliki sifat amanah untuk memakmurkan alam semesta. Begitu juga dengan segala titipan yang diberikan padanya, baik fisik, ilmu, maupun umat. Rasul menyampaikan wahyu apa adanya tanpa ada yang dikurangi dan ditutup-tutupi. Ini sesuai dengan surah al-Mukminun ayat 8.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement