Selasa 27 Sep 2016 19:13 WIB

Berdosakah Suami yang Menolak Ajakan Istri?

Pernikahan (ilustrasi)
Foto:
Pernikahan (ilustrasi)

Seorang istri ketika dalam rumah tangga juga memiliki hak yang sama seperti halnya suami juga memiliki hak. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT, "Dan para wanita yang mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang makruf.." (QS al-Baqarah [2]: 228).

Sependapat dengan Ustaz Muhsinin, Ustazah Herlini juga menyimpulkan suami akan berdosa jika tidak menunaikan kewajiban yang merupakan hak istri, salah satunya soal hubungan biologis.

Sesibuk apapun si suami baik dalam beribadah, bekerja atau berjihad tidak boleh menyebabkan ia lali dalam melayani istrinya. Ustazah Herlini menyitir kisah tentang istri Amr bin Ash RA yang mengadukan suaminya kepada Rasulullah SAW. Amr bin Ash RA tidak mendekati istrinya karena sibuk puasa di siang hari dan shalat tahajud di malam hari.

Mendengar hal tersebut, Rasulullah SAW bersabda, "Jangan kau lakukan lagi. Berpuasalah dan berbukalah, serta shalat malamlah dan tidurlah. Sesungguhnya tubuhmu memiliki hak, matamu memiliki hak dan istrimu memiliki hak." Allahua'lam. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement