Selasa 13 Sep 2016 01:20 WIB

Umat Islam di Berbagai Negara Rayakan Idul Adha

Rep: Kabul Astuti/ Red: Agung Sasongko
Muslim Australia melaksanakan shalat Idul Adha 1437 Hijriah di Masjid Lakemba, Sydney, Senin, 12 September 2016.
Foto: SBS News
Muslim Australia melaksanakan shalat Idul Adha 1437 Hijriah di Masjid Lakemba, Sydney, Senin, 12 September 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Muslim di seluruh dunia merayakan hari Idul Adha pada Senin (12/9). Umat Muslim di Palestina berbondong-bondong ke Masjid Al Aqsa di Yerussalem untuk menunaikan shalat Idul Fitri.

Di Irak, pemerintah memberlakukan langkah-langkah keamanan yang ketat selama perayaan. Mereka memeriksa jamaah saat hendak memasuki masjid Abdul Qadir al Jailani di Baghdad. Presiden Suriah, Bashar al Assad, dilaporkan shalat di sebuah masjid di pinggiran Daraya, Damaskus.

Di Asia, puluhan ribu orang meninggalkan ibukota Bangladesh, Dhaka, dengan kereta api penuh sesak dan kapal feri untuk mudik ke kampung halaman merayakan liburan bersama keluarga.

Dilansir dari Reuters, Selasa (13/9), festival ini juga dirayakan di seluruh Afrika. Umat Islam di negara-negara seperti Somalia dan Kenya berbondong-bondong menghadiri shalat jamaah.

Di Rusia, ribuan umar Islam berkumpul untuk shalat di Moskow. Sementara, di Inggris, Perdana Menteri Theresa May menyempatkan merilis sebuah video untuk komunitas Muslim di negara itu.

"Saya bangga dengan kontribusi Muslim Inggris terhadap negara ini dan bangga Inggris menjadi rumah bagi orang-orang dari latar belakang yang dinamis dan beragam," kata Theresa May.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement