Senin 12 Sep 2016 10:06 WIB

Pesan Imam Besar Istiqlal di Hari Raya Kurban

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Agung Sasongko
Nasarudin Umar
Foto: REPUBLIKA/IRIANTO PW
Nasarudin Umar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Imam besar Masjid Istiqlal KH Nasarudin Umar mengatakan ada nilai-nilai dalam Idul Adha yang dapat mewujudkan masyarakat ideal. Hal itu adalah keikhlasan berkurban.

"Harus ada kerelaan berkurban untuk mencapai masyarakat ideal," ujar dia usai melaksanakan shalat Ied di Masjid Istiqlal, Senin (12/9).

Menurutnya, pelajaran tentang berkurban bukan hanya ada di agama Islam tapi juga agama-agama lain. Meski ada beberapa perbedaan.

Namun, poin penting yang dapat diambil adalah kurban merupakan latihan untuk membunuh ego. "Latihan spritual untuk pengendalian diri pengendali nafsu," tegasnya.

Selain itu, ia melanjutkan, Idul Adha selain berkaitan dengan pelaksanaan ibadah haji juga menjadi ajang pemberian protein kepada yang membutuhkan. Seperti diketahui, karbohidrat dan protein menjadi zat gizi yang sangat dibutuhkan manusia.

Ia mengatakan, karbohidrat telah terwakili di zakat wajib yang dikeluarkan pada Idul Fitri. Sementara protein diberikan oleh mereka yang mampu dengan berkurban di Idul Adha.

"Kesempurnaan sebuah jasad manusia itu kombinasi konsumsi karbohidrat dan protein. Maknanya sangat simbolik," katanya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement