Senin 15 Aug 2016 14:31 WIB

Ciri Khas Masjid Ahmet Hamdi Akseski

Rep: Amri Amrullah/ Red: Agung Sasongko
Masjid Ahmet Hamdi Akseski
Foto: Wikimapia
Masjid Ahmet Hamdi Akseski

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Ahmet Hamdi Akseski tercatat memiliki salah satu kubah terbesar dengan diameter 33 meter. Kubah sebesar itu ditopang dengan empat pilar lengkung yang besar. Tujuh kolom lain pun menopang tiga bagian serambi dalam masjid.

Selain ciri khas kubah yang besar dengan lengkungan atapnya, masjid ini juga memiliki empat menara yang menjulang setinggi 33 meter. Di bagian utara masjid terdapat dua pintu utama masjid yang dilengkapi kaligrafi arab dan ukiran geometri khas Islam. Sedangkan, empat pintu lain berada di samping kanan dan kiri masjid.

Fasad mashrabiya juga terlihat indah di samping pintu utama masjid. Ornamen Seljuk terlihat dari karakter khas motif bintang pada ukiran kayu dan ubin di struktur masjid. Struktur bangunan masjid menggunakan bata dengan lapisan marmer putih.

(Baca: Turki Kembangkan Gaya Arsitektur Masjid Modern)

Bagian samping jendela kaca menjadi bagian penting fasad masjid ini. Jendela kaca ini memudahkan cahaya matahari masuk ke ruang shalat utama. Sedangkan, ventilasi terbuka pada bagian kubah memudahkan sirkulasi udara di bagian dalam masjid.

Masjid Ahmet Hamdi Akseki didanai oleh Kementerian Urusan Agama Turki. Konstruksinya dirancang oleh arsitek ternama Turki, Merih Sengul.  Tak banyak masjid melibatkan tenaga ahli wanita. Penggarapan interior masjid ini dipercayakan pada seorang desainer interior wanita, Shonai Ilbay.

Pada interior dalam masjid sebagian besar dekorasi dihiasi dengan pola geometri dan kaligrafi yang bertuliskan Asmaul Husna, ayat Alquran, dan hadis nabi. Pola geometri dan kaligrafi ini menghiasi bagian dalam kubah hingga mihrab dan masjid.

Bagian ceruk mihrab masjid berhias lapisan warna emas, sedangkan mimbar masjid sangat khas dengan marmer putih. Perpaduan warna putih, hijau, biru, dan emas mendominasi bagian dalam masjid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement