Rabu 10 Aug 2016 08:48 WIB

Dosa di Atas Dosa

KH Mudzakkir M Arif Lc MA
Foto: Dok Pribadi
KH Mudzakkir M Arif Lc MA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Dosa kecil yang disepelekan dapat menjadi dosa besar. Bagaimana lagi kalau dosa besar yang dianggap kecil?

“Dosa kecil yang dihalalkan itu menjadi dosa besar. Bagaimana lagi dengan dosa besar yang dianggap halal?” kata Pimpinan Pondok Pesantren Darul Istiqamah Bulukumba, Sulawesi Selatan KH Mudzakkir M Arif Lc MA, Rabu (10/8/2016).

Mudzakkir menambahkan, zina itu dosa besar. Tapi berzina dengan perawan, dosanya lebih besar. Berzina dengan tetangga dosanya lebih besar. Berzina dengan orang terdekat dosanya lebih besar lagi. “Berzina dengan Ibu kandung sendiri itulah dosa zina yang terbesar,” tegas Mudzakkir.

Mudzakkir menambahkan, riba dosanya lebih besar dari semua itu. Ghibah atau gosip dosanya lebih besar dari riba. “Kezaliman kepada sesama manusia, dosanya lebih besar dari ghibah. Kezaliman kepada orang terdekat dosanya jauh lebih besar lagi,” tuturnya.

Mudzakir mengemukakan. durhaka kepada ibu dan bapak dosa yang terlalu besar. Syirik adalah dosa yang terbesar. “Karena itu, kita harus semakin bersungguh-sungguh bertobat kepada Allah dan mohon maaf kepada sesama,” papar KH Mudzakkir M Arif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement