Rabu 03 Aug 2016 15:49 WIB

Saleh Daulay: Tantangan Muslim Indonesia Kemiskinan dan Kebodohan

Saleh Partaonan Daulay
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Saleh Partaonan Daulay

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Saleh Partaonan Daulay mengatakan tantangan terbesar umat Islam adalah kemiskinan dan kebodohan yang masih terus diwariskan setiap pergantian pemerintahan.

"Banyak permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat berawal dari persoalan kemiskinan dan kebodohan, termasuk intoleransi," kata Saleh dihubungi di Jakarta, Rabu (3/8).

Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan tugas utama pemerintah adalah mengurangi lapisan kemiskinan dan kebodohan di Indonesia.

"Lapangan kerja harus dibuka seluas-luasnya dan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan perlu dibuka dan diutamakan bagi anak-anak dari keluarga yang tidak mampu. Bila ekonomi dan pendidikan mapan, toleransi akan tumbuh. Kesenjangan sosial dapat menjadi jurang pemisah yang cukup dalam antara sesama anak bangsa," ujarnya.

Menurut Saleh, toleransi bukan hanya permasalahan satu kelompok umat beragama tertentu, tetapi merupakan kewajiban semua orang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement