Senin 18 Jul 2016 10:34 WIB

Taqi Al-Din: Astronom Serbabisa yang Temukan Pompa

Taqi al-Din

Ilmuwan Muslim agung dari abad XVI itu bernama lengkap Taqi Al-Din Abu Bakar Muhammad bin Zayn Al-Din Maruf Al-Dimashqi Al-Hanafi. Namun, sang ilmuwan itu termasyhur dengan nama panggilan Taqi Al-Din Al-Rasid. Taqi Al-Din terlahir pada 1521 M di Damaskus, Suriah. Ia mengabdikan dirinya untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Kekhalifahan Usmani Turki.

Guru pertama Taqi Al-Din adalah ayahnya sendiri. Dari sang ayah, ia menimba ilmu agama Islam. Setelah dianggap memiliki fondasi agama yang kuat, sang ayah mengirimkannya untuk belajar ilmu pengetahuan umum di Damaskus dan Mesir. Ia mempelajari matematika dari Shihab Al-Di-n Al-Ghazzi. Sedangkan, guru astronominya yang paling berpengaruh adalah Muhammad bin Abi Al-Fath Al-Sufi.

Matematika merupakan ilmu yang paling membetot perhatiannya saat masih belajar. Kesukaannya kepada ilmu berhitung itu diungkapkan Taqi Al-Din dalam kata pengantar beragam buku yang ditulisnya. Setelah menamatkan pendidikannya, ia mengajar di madrasah di Damaskus.

Sekitar tahun 1550 M, ia bersama ayahnya, Maruf Efendi, bertandang ke Istanbul--ibu kota pemerintahan Ottoman Turki. Selama berada di kota itu, Taqi Al-Din menjalin hubungan dengan para ilmuwan Turki, seperti Chivi-zada, Abu al-Su`ud, Qutb al-Di-n-zada Mahmad, dan Sajli Amir. Tak lama kemudian, ia kembali lagi ke Mesir dan mengajar di Madrasah Shayhuniyya dan Surgatmishiyya di kota itu.

Taqi Al-Din sempat mengunjungi Istanbul untuk waktu yang tak terlalu lama. Di kota itu, ia sempat dipercaya untuk mengajar di Madrasah Edirnekapi Madrasa. Saat itu, Perdana Menteri Kerajaan Usmani Turki dijabat Sami-z Ali Pasha. Selama mengajar di Madrasah Edirnekapi, Taqi Al-Din menggunakan perpustakaan pribadi Ali Pasha dan koleksi jamnya untuk penelitian.

Ketika Ali Pasha diangkat sebagai gubernur Mesir, Taqi Al-Din juga kembali ke negeri Piramida itu. Di Mesir, Taqi Al-Din diangkat sebagai hakim atau qadi serta mengajar di madrasah. Selama tinggal di Mesir, Taqi Al-Din tercatat menghasilkan beberapa karya dalam bidang astronomi dan matematika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement