Jumat 15 Jul 2016 14:18 WIB

Makanan Halal Makin Berkembang di Korea Selatan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Damanhuri Zuhri
Makanan halal
Foto: ist
Makanan halal

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Kementrian Kebudayaan, olahraga dan pariwisata Korea Selatan mengungkapkan jumlah wisatawan muslim meningkat 38 persen sejak 2012 hingga 2014.

Dilansir dari Koreaherald tahun ini pihaknya menargetkan pengunjung muslim dapat mencapai 800 ribu orang. Tahun 2014 lalu pengunjung muslim mencapai 750 ribu meningkat dari 540 ribu orang pada 2012.

Meskipun jumlah meningkat, namun fasilitas bagi wisatawan muslim masih terbatas. Masalah terbesar bagi umat muslim di Korea Selatan adalah makanan.

Hanya sekitar 12 restoran yang resmi telah mendapat sertifikasi halal dari Federasi Muslim Korea. Beberapa restoran kebab Arab dan Turki mencantumkan label halal tetapi belum resmi mendapatkan sertifikat.

 

Persepsi mengenai makanan halal telah berkembang setelah pemerintah mempromosikan bisnis halal beberapa tahun terakhir di Korea.

Pemerintah pun berusaha untuk memperbanyak pilihan makanan halal dan tempat ibadah di ruang publik di bandara, hotel dan pusat pertemuan.

Kementrian Pariwisata juga berencana untuk menerbitkan buku resep cara membuat makanan tradisional Korea sesuai dnegan syariat Islam. Mereka juga akan mengembangkan menu halal untuk rumah sakit khususnya bagi pasien dari negara Timur Tengah.

Selain makanan, pemerintah juga akan membentuk konsorsium untuk perusahaan kosmetik dengan kalangan akademis untuk mengembangkan bahan-bahan yang dilarang Islam seperti kolagen dari ekstrak babi dan gliserin dari alkohol.

Kosmetik Korea saat ini tealh diterima di dunia muslim, tetapi hanya empat perusahaan yang mendapatkan sertifikasi halal secara resmi dari luar negeri.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement