Jumat 15 Jul 2016 06:47 WIB

Ustadz Arifin llham: 4 Amalan Sebelum Tidur

Ustadz Muhammad Arifin Ilham.
Foto: Dok Azzikra
Ustadz Muhammad Arifin Ilham.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidur bagi seorang Muslim bukan sekadar istirahat. “Bagi seorang Muslim, tidur pun merupakan ibadah, diniatkan ibadah dan dijadikan ibadah,” kata Pimpinan Majelis Az-Zikra Ustadz Muhammad Arifin llham kepada Republika, Jumat (15/7/2016).

Untuk itu, kata Ustadz Arifin, ada beberapa amalan yang perlu dilakukan oleh seorang Muslim saat akan tidur.  “Sebelum tidur jangan lupa berwudhu dulu, berdoa, berzikir, dan berazam shalat malam. Bagi yang esok akan puasa sunnah, niatkan pula untuk sahut puasa sunnah,” ujar Arifin.

Arifin menambahkan, di antara zikir sebelum tidur adalah membaca Ayat Kursi. “Hikmah membaca Ayat Kursi sebelum tidur luar biasa,” tuturnya.

Arifin mengutip hadits Rasulullah SAW, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi.” (HR Al-Bukhari).

 

Arifin mengemukakan, hal yang juga sangat penting dilakukan oleh setiap Muslim menjelang tidur adalah berazam shalat malam (qiyamullail). “Shalat malam merupakan salah satu ibadah utama yang diajarkan oleh Allah di dalam Alquran dan sangat dianjurkan serta dicontohkan oleh Rasulullah SAW,” ujar Arifin.

Arifin menyitir sebuah hadits Rasulullah SAW, “Lazimkan dirimu untuk shalat malam karena shalat malam itu tradisi orang-orang saleh  sebelummu,  mendekatkan diri kepada Allah,  menghapus dosa,  menolak penyakit, dan pencegah dari dosa."  (HR Ahmad).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement