Kamis 09 Jun 2016 13:48 WIB

Dompet Dhuafa Akan Bangun 5 Rumah Sehat Terpadu

Rep: agung sasongko/ Red: Damanhuri Zuhri
Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa di Jalan Raya Parung, Bogor, Jawa Barat.
Foto: Antara/Jafkhairi/ca
Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa di Jalan Raya Parung, Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dompet Dhuafa berencana membangun lima rumah sakit berskala seperti Rumah Sehat Terpadu yang sekarang ini sudah dikelola.

Hal ini disampaikan Presiden Direktur Social Entreprise Dompet Dhuafa, Ismail A Said. Upaya ini dilakukan untuk menambah peran Dompet Dhuafa di bidang kesehatan.

Seperti diketahui, Dompet Dhuafa  telah memiliki Rumah Sakit yang diberi nama Rumah Sehat Terpadu yakni sebuah layanan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu dan hingga kini telah berjalan dengan baik.

Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa yang ada sekarang pengembangan dari LKC yang sebelumnya ada sebagai bagian dari program bantuan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu.

RST yang ada sekarang berlokasi di Parung Bogor, Jawa Barat, di kawasan zona Madina Dompet Dhuafa melayani pasien kurang mampu dari berbagai wilayah di Indonesia, Rumah sakit ini memiliki fasilitas yang lengkap, mulai ruang rawat anak, High Care Unit dan bersalin, gedung rawat orang dewasa, gedung operasi, dapur gizi, power house, Groud water Tank, koridor, pos satpam, musala, dan bangunan pendukung.

Pembangunan RST merupakan contoh proyek wakaf yang sukses. Karena sebagian besar biaya pembangunan gedung RST yang bernilai 24,79 miliar ini berasal dari wakaf. Jika memasuki ruang utama RST, akan ter;ihat ratusan nama wakif (pewakaf) yang terpampang di dinding bagian atas bangunan ini.

Ismail menjelaskan, pengembangan RST di berbagai daerah yang ingin dilakukan adalah juga memanfaatkan dana wakaf dari para wakif agar manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

Atas dasar itulah Dompet Dhuafa ingin mengembangkan RST di berbagai daerah lainya dengan membangun RST agar masyarakat dhuafa yang ada di daerah lainnya juga bisa merasakan manfaat wakaf melalui layanan kesehatan yang diberikan oleh RST.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement