Ahad 15 May 2016 04:57 WIB
Benang Merah Hasil Lomba ‘Musabaqoh Kitab Ihya Umuluddin’ PKB

Konsep Manusia ‘Soleh’ dan ‘Muslih’ Menurut Al Ghazali

Imam Al-Ghazali (ilustrasi).
Foto:
Kitab Kuning. (Ilustrasi), Republika/Rakhmawaty La

Terkait dengan penyelenggaraan loma Musabaqah Kitab Kuning (Kitab Ihya Umuluddin), Seken Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding mengatakan memang ada banyak hikmah yang didapat dalam ajang lomba kali ini. Di antaranya adalah adanya kenyataan meski mempunyai nilai luhur bagi kehidupan bangsa, ajaran kitab kuning seperti Ihya Ulumuddin itu belum tersebarnya secara luas ke publik. Istilahnya  ‘mutiara’ hikmah dan ajaran berbagai kitab klasik yang selama ini hanya tekesan menjadi mlik atau kajian para santri belaka.

‘’Ke depan kami akan terus memperkenalkan kazanah kitab kuning secara lebih luas ke publik. Yang pertama ini memang mengkaji kitab Ihya Umuluddin. Tapi di tahun mendatang akan ada kajian kitab-kitab yang lain,’’ kata Karding.

Bila Najiyah keluara sebagai juara dari kelompok wanita, maka pemenang Lomba Musabaqoh Kitab Ihya Umuluddin kelompok pria kali ini adalah Mufid Kholilullah Khudori yang merupakan santri pondok Pesantren Al Keniyah Jakarta.

Sebagai hadiah kepada para pemenang PKB memberangkatkan keduanya melakukan ibadah umrah ke tanah suci dan melakukan ziarah ke makam Imam Al Ghazali yang berada di Masyhad Iran.

‘’Musabaqoh kitab Ihya Umuluddin yang berlangsung semenjak bulan April itu telah diikuti 1.500 peserta yang tersebar di seluruh Indonesiia, yakni di 29 provinsi. Ke depan musabaqoh serupa ini akan kami  gelar kembalii,’’ katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement