Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Jelang Ramadhan, Baznas Siapkan Pasukan Umar bin Khatab

Kamis 28 Apr 2016 20:02 WIB

Rep: C23/ Red: Achmad Syalaby

Tim BAZNAS Tanggap Bencana menyalurkan bantuan untuk korban banjir Jatiasih.

Tim BAZNAS Tanggap Bencana menyalurkan bantuan untuk korban banjir Jatiasih.

Foto: Baznas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah menyiapkan sejumlah program dan kegiatan untuk menyambut bulan suci Ramadhan pada 1437 Hijriyah. Bulan suci ini dianggap sebagai momen tepat untuk mengampanyekan dan mendorong masyarakat berzakat melalui ragam kegiatan sosial.

Direktur Amil Zakat Nasional Arifin Purwakananta mengatakan, pada Ramadhan mendatang, Baznas telah menyiapkan sebuah tim bernama Pasukan Umar bin Khatab. Tim tersebut akan disebar di Jakarta dan tempat-tempat lain. 

"Jadi pasukan ini nantinya akan kami fasilitasi dengan mobil, lalu memasuki perkampungan-perkampungan untuk memberikan bantuan kepada keluarga-keluarga miskin," tutur Arifin seusai melakukan kunjungan ke kantor Republika, Jakarta, Kamis (28/4).

Menurut dia, cara tersebut akan sangat membantu masyarakat miskin. "Karena kita tidak menunggu mereka (masyarakat miskin) datang ke kantor kami, tapi kami yang menjemput dan langsung memberi bantuan," katanya menerangkan.

Selain Pasukan Umar bin Khatab, Baznas, ujar Arifin melanjutkan, akan mendirikan pasantren wirausaha. Pesantren ini khusus untuk anak-anak jalanan dan telantar. "Jadi nanti selama Ramadhan mereka akan diajarkan untuk menjadi pedagang, pebisnis, dan entrepreneur yang pandai," ucapnya.

Selain dua kegiatan tersebut, Baznas masih memiliki program-program lain yang akan dilaksanakan pada Ramadhan. Seluruh kegiatan tersebut, kata Arifin, dimaksudkan untuk memberi tahu para muzakki Baznas bahwa zakat yang telah mereka keluarkan, termanfaatkan dengan baik dan tepat sasaran.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA