Kamis 21 Apr 2016 05:00 WIB

Manakah yang Lebih Utama? Ahli Ilmu atau Ahli Ibadah

Susahnya menjadi sarjana bagi kalangan tak mampu di negeri ini (ilustrasi).
Foto:

Hadis ini diperkuat juga oleh beberapa hadis lainnya, seperti: Dua rakaat shalat seorang yang berilmu adalah lebih baik daripada seribu rakaat shalatnya orang bodoh. Dalam hadis lain disebutkan bahwa tidurnya seorang berilmu, nilainya lebih baik daripada shalatnya orang jahil.

Keutamaan seorang 'alim (berilmu) akan semakin berlipat, tatkala ia mau mengajarkan ilmunya pada orang lain. Apa sebabnya? Allah SWT mengutus Muhammad Rasulullah SAW ke dunia, salah satunya adalah untuk mengajari manusia tentang apa-apa yang tidak diketahuinya (QS Al Jumu'ah [62]: 2).

Karena itu, para pengajar kebaikan hakikatnya melanjutkan tugas Rasulullah SAW untuk mengajari orang yang tidak tahu menjadi tahu, mengingatkan yang lalai, menunjukkan jalan pada yang sesat, serta melawan kesesatan pemikiran dan penyimpangan perilaku.

Orang berilmu dan dengan ikhlas menyebarkan ilmunya dapat dianalogikan dengan orang yang memiliki banyak lampu di kegelapan malam. Walaupun gelap, ia mampu berjalan menuju ke tempat tujuan tanpa mengalami kesulitan. Dengan lampu yang dimiliki, ia pun bisa menerangi orang lain yang tersesat karena gelapnya malam. Karena itu, wajar bila semua makhluk di langit dan di bumi memintakan ampunan baginya.

Ada satu kisah tentang keutamaan para pengajar dan yang belajar tentang ilmu. Suatu saat Rasulullah SAW masuk ke sebuah majelis. Di dalam majelis tersebut tampak dua kelompok, yang satu sedang khusyuk berzikir dan lainnya tengah serius belajar. Kemudian Rasul bersabda, "Kelompok pertama adalah kelompok yang baik. Semoga Allah mengampuni mereka. Sedangkan kelompok kedua yang sedang mengajar dan mempelajari ilmu, semoga Allah membimbing mereka ke jalan yang lurus."

Tampaknya, kegemaran untuk belajar dan mengajarkan ilmu menjadi sesuatu yang sangat penting untuk saat ini. Tidak saja untuk mengejar predikat orang mulia, tapi juga untuk mengejar ketertinggalan dari bangsa-bangsa lain. Kita, dalam konteks pribadi maupun umat Islam, tidak akan bisa bangkit hanya dengan zikir atau ibadah ritual saja. Kita hanya akan bisa bangkit bila memiliki ilmu yang disinergikan dengan kekuatan ibadah. Begitu yang diungkapkan Syekh Syaqib Arselan dalam bukunya, Mengapa Umat Islam Terbelakang sedangkan Umat Non Islam Maju?. Wallahu a'lam bish-shawab.

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement