Selasa 19 Apr 2016 11:06 WIB

Kisah Samhu, Tukang Gorengan yang Lepas dari Jerat Riba

Samhu saat melayani pelanggannya di  Kp Curug, Kel. Serpong Tangerang Selatan
Foto: dok LAZ Al Azhar
Samhu saat melayani pelanggannya di Kp Curug, Kel. Serpong Tangerang Selatan

REPUBLIKA.CO.ID,SERPONG -- Samhu (49 tahun) adalah salah satu anggota KSM Rizki Gemilang Serpong yang berprofesi sebagai penjual gorengan. Pria yang sudah mempunyai dua orang anak ini sehari-hari berjualan di sekitar kampungnya di Kp Curug, Kel. Serpong Tangerang Selatan. Namun siapa sangka ia memiliki suara emas nan merdu.

Di desanya ternyata Samhu dikenal sebagai qori atau orang yang ahli membaca ayat-ayat Alquran dengan nada dan lagu yang indah. Ia biasa menjadi qori dalam peringatan hari besar Islam di kampungnya seperti perayaan maulid nabi dan isra’ miraj. Bahkan di kajian rutin yang diadakan oleh KSM Rizki Gemilang pun ia kerap ditunjuk sebagai petugas membaca Alquran sebagai pembuka acara.

Kisah hidup Samhu tidak seindah suaranya. Ia pernah terjerat riba kepada rentenir saat memulai usaha gorengannya. Bukannya berkurang, namun jumlah hutangnya terus bertambah jika ia telat membayar. “Saya sangat kapok jika harus pinjam uang ke rentenir lagi, ternyata berbahaya dan tidak berkah,” ujar Samhu.

Akhirnya ia pun bergabung dengan KSM Rizki Gemilang binaan LAZ Al Azhar dalam program Sejuta Berdaya pada tahun 2014 lalu. Di KSM ini Samhu mendapat pinjaman modal tanpa riba untuk mengembangkan usaha gorengannya.

Selain itu para anggota KSM juga mendapat ilmu baru tentang riba. “Di KSM ini ada kajian rutin mingguan, untuk mensosialisasikan tentang riba dan media silaturahmi para anggota,” jelas pembina KSM, Ustaz Mahfudin

“Alhamdulillah Saya bersyukur bisa bergabung dalam KSM ini. Semoga semakin berkah dan maju buat seluruh KSM Sejuta Berdaya binaal LAZ Al Azhar,” tutup Samhu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement