Senin 18 Apr 2016 09:31 WIB

Metode Baru Deteksi Babi dalam Daging Cincang

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Achmad Syalaby
Daging Babi (ilustrasi)
Foto: Rocketnews24
Daging Babi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Para ilmuwan di Manchester University menemukan metode baru dinamakan 'Metabolic Fingerprints' untuk mendeteksi adanya campuran daging babi dalam daging cincang atau daging giling yang Anda beli. Ini berguna membantu konsumen melawan penipuan makanan yang akhir-akhir ini sering terjadi.

Praktik mencampurkan daging sapi dengan daging babi sudah umum ditemukan di pasar. Meski ini tidak sepenuhnya merusak kesehatan, namun menimbulkan keprihatinan bagi sebagian golongan umat beragama, khususnya Islam.

Selama ini peneliti menggunakan metode 'DNA Profiling' untuk mendeteksi adanya campuran daging sapi, kuda, dan babi. Metode ini juga bisa menemukan adanya daging kuda dalam produk yang dilabeli daging sapi cincang.

Meski demikian, proses kerja DNA Profiling sekadar mendeteksi ada atau tidak kandungan jenis daging selain sapi dalam sebuah produk. Tesnya juga relatif berbiaya mahal.

Metabolic Fingerprints menawarkan informasi langsung tentang informasi daging cincang atau daging giling yang Anda beli. Kepala peneliti, Profesor Roy Goodacre mengatakan studi ini mengevaluasi perubahan jaringan dalam daging. 

Daging sapi cincang dengan babi cincang memiliki nilai berbeda. Nilai-nilai ini kemudian digabungkan ke dalam jumlah yang bervariasi dan dianalisis secara metabolit. 

Dengan analisis statistik kuat, metode ini cepat menemukan adanya dua kandungan daging dalam satu produk. Tim peneliti juga secara cepat mendeteksi metabolit yang berkolerasi dengan presentase lemak kemudian membandingkannya dengan kandungan tertulis pada label makanan.

"Penelitian ini menjanjikan karena lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah menganalisis kandungan daging," kata peneliti Manchester University lainnya, Dr Drupad K Trivedi, dilansir dari Medical News Today, Senin (18/4).

Peneliti lebih lanjut berencana menciptakan alat atau perangkat portable dipstick-type untuk mendeteksi daging babi yang sudah tak layak konsumsi. Ini misalnya bisa digunakan untuk mengetahui seberapa layak daging dalam hamburger yang Anda makan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement