Senin 11 Apr 2016 07:48 WIB

Lakukan Sunah Ini untuk Hilangkan Rasa Sakit

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Andi Nur Aminah
Madu
Foto: pixabay
Madu

REPUBLIKA.CO.ID, Penyakit bisa menjadi ujian yang besar bagi sebagian orang. Bahkan, meski telah diberikan perawatan terbaik, penyakit masih saja tetap bertahan di dalam tubuh.

Berikut ini langkah-langkah yang disunnahkan ketika merasakan sakit, dilansir Muslimvillage.

Makan secukupnya

Seseorang yang merasakan sakit harus sebisa mungkin menghindari konsumsi makanan dan minuman secara berlebihan. Makanlah hanya ketika lapar dan hindari memakan makanan yang bertujuan untuk menghilangkan stres. Serta hindari memakan makanan ringan yang mengandung bahan-bahan berbahaya bagi tubuh. 

Perbanyak konsumsi madu

Madu dikenal sebagai obat sunah segala jenis penyakit. Hal tersebut bahkan tersurat dalam Alquran yakni di surah Muhammad ayat 15: "Dan sungai-sungai dari madu yang disaring. Dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka ….”

Perbanyak membaca Bismillah

Untuk menghilangkan rasa nyeri yang terdapat di bagian tubuh, lakukan langkah berikut sesuai hadis Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Muslim.

"Tempatkan tangan ke bagian tubuh yang sakit sambil mengucapkan bismillah sebanyak tiga kali. Lalu, dilanjutkan dengan membaca hu billahi wa qudratihi min shari ma ajid wa uhadhir sebanyak tujuh kali." 

Lakukanlah langkah-langkah di atas dengan mengharapkan ridha Allah SWT dan senantiasa mendekatkan diri kepada-Nya. Dengan melakukan langkah di atas, seseorang tetap dianjurkan dan disarankan untuk memeriksakan penyakit kepada ahlinya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement