Kamis 07 Apr 2016 15:05 WIB

RZ Salurkan Iqra dan Alquran ke Kampung Lahan Cadangan

Rep: Agus Yulianto/ Red: Achmad Syalaby
 Sejumlah anak yatim mengikuti Khataman Alquran yang diadakan oleh Rumah Zakat di Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Ahad (7/7).  (Republika/Agung Supriyanto)
Sejumlah anak yatim mengikuti Khataman Alquran yang diadakan oleh Rumah Zakat di Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Ahad (7/7). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Relawan Rumah Zakat (RZ) kembali menyalurkan puluhan buku Iqra dan Alquran pada anak-anak di Kampung Lahan Cadangan, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Penyaluran Iqra dan Alquran ini merupakan hasil donasi dari kampanye #Sharinghappiness RZ.

“Ini adalah kegiatan yang ke-4 kalinya di kampung Lahan Cadangan sejak kunjungan perdana pada 5 Maret yang lalu. Iqra dan Alquran ini diberikan agar menjadi pegangan anak-anak untuk belajar membaca Alquran,” tutur Ifah, Koordinator Relawan RZ cabang Bogor, Kamis (7/4).

Menurut dia, kondisi anak-anak di kampung tersebut banyak yang belum mengenal Alquran maupun Iqra. Karena itu, setelah mendapatkan Alquran dan Iqra, mereka langsung antusias membukanya. “Saya sempat bingung dengan bacaan tulisan yang ada di buku Alquran dan Iqra ini. Huruf-hurufnya terasa asing. Ini buku bacaan yang baru bagi kami,” ungkap Azril, anak Kampung Lahan Cadangan.

Para relawan juga mengajari anak-anak mengeja huruf hijaiyah dari Iqra. Meskipun dengan kondisi terbata-bata, tetapi mereka sangat giat mempelajarinya.“Anak-anak belajar siang dan malam. Mereka dengan semangat meminta kakak relawan untuk mengajarkan membaca Iqra, walaupun hanya diterangi dengan lilin,” ujar Ifah.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Sharing Happiness RZ, yakni sebuah gerakan berbagi untuk menyebarkan kebahagiaan melalui perbaikan kondisi sosial kemasyarakatan. Menurut Surianto, Ketua Relawan Nusantara RZ,  pendidikan Alquran harus diajarkan sejak dini, jangan sampai generasi muda islam tidak mengenal Alquran. 

Melalui program ini, kata dia, RZ berharap bisa membantu anak-anak Indonesia di wilayah lainnya yang belum mengenal Alquran. Seperti penyaluran di Kampung Lahan Cadangan yang membantu anak-anak jadi mengenal Alquran.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement