Senin 04 Apr 2016 11:55 WIB

Superqurban Jangkau Wilayah Terpencil

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Superqurban yang digelar Rumah Zakat di Makassar.
Foto: dok RZ
Superqurban yang digelar Rumah Zakat di Makassar.

REPUBLIKA.CO.ID, Rumah Zakat (RZ) Solo, kian menunjukkan eksistensi ditengah masyarakat. Melalui program Ekspedisi Superqurban (ES) yang dilakukan, saat ini sudah menjangkau  wilayah paling terpencil, dan rawan kekeringan di Dusun Mrico, Desa Lebak, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Program Siaga Pangan yang bertajuk Ekspedisi Superqurban, RZ Solo telah menyalurkan sebanyak 800 kaleng Superqurban. Rangkaian kegiatan Ekspedisi Superqurban ini, juga disertai dengan pembagian Sembako, sarana hygiene, berupa sampo serta mukena sebanyak 200 paket untuk 200 Kepala Keluarga (KK) yang tinggal di sana.

Menariknya, pada saat pembagian kaleng kornet Superqurban, juga disertai layanan kesehatan akupuntur gratis bagi warga Dusun Mrico yang sama sekali belum pernah mencoba. Layanan akupuntur inipun dibanjiri warga untuk mencoba terapi tusuk jarum yang sangat diminati warga.

Menurut Kasman, Kepala Desa (Kades) Lebak, Kecamatan Grobogan, menyampaikan informasi tentang keberadaan Dusun Mrico. Dusun ini merupakan satu-satunya dukuh yang aksesnya terpencil, dan rawan bencana kekeringan.

Selain itu, kata Kasman, meskipun sebagian besar warga di sana bermata-pencaharian sebagai petani, namun mereka tidak bisa menikmati hasil panen. Petani sering menderita rugi dari hasil cocok tanam.

"Hadirnya Kornet Superqurban Rumah Zakat di Dusun Mrico, dan layanan akupuntur gratis ini, memberikan harapan bahwa masih banyak yang peduli dengan kondisi mereka saat ini," kata Kasman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement