Selasa 22 Mar 2016 07:27 WIB

Dompet Dhuafa Gulirkan Program 'Air untuk Kehidupan' di Serang

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Winda Destiana Putri
Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Dompet Dhuafa dan Asuransi Takaful Umum menggulirkan program 'Air untuk Kehidupan' di Desa Pulo Kencana, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang, Banten. Program digulirkan guna membantu pemenuhan air bersih bagi masyarakat di daerah tersebut.

Di lokasi program, tepatnya RT 14 Desa Pulo Kencana, terdapat 55 kepala keluarga yang bermukim. Pemilihan lokasi didasari atas aliran sungai yang cukup jauh dengan pemukiman warga. Warga harus berjalan kurang lebih 400 meter menuju sungai tersebut lantaran satu-satunya sumber air yang dapat diakses.

Sayangnya, air dari sumber air tersebut juga digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti mandi cuci kakus (MCK) dan bahkan untuk konsumsi.

Hanya sedikit warga yang memiliki sumber air sendiri seperti sumur bor dan sebagian besar masih menggantungkan pada air sungai irigasi yang secara kualitas masih belum baik untuk penggunaan sehari-hari. Kualitas air sungai irigasi pun tidak begitu baik karena secara fisik saja sudah keruh.

Dompet Dhuafa sangat berbahagia karena kesekian kalinya dapat membantu masyarakat, khususnya di Pulokencan atas amanah-amanah donatur dan masyarakat.

"Mudah-mudahan kehadiran Dompet Dhuafa dapat memberikan manfaat bagi masyarakat," ujar Presiden Direktur Dompet Dhuafa Filantropi Ahmad Juwaini baru-baru ini.

Program ini adalah upaya Dompet Dhuafa memberikan akses air bersih untuk warga masyarakat. Dia berharap upaya ini dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan akses air. Juwaini sering melihat kondisi kehidupan masyarakat di kesehariannya dalam mendapatkan air masih tergantung pada sungai di sekitar yang tentu kurang higienitasnya,

Secara teknis program yang dilaksanakan adalah pengeboran dan juga penyediaan infrastruktur pendukungnya seperti MCK komunal, keran distribusi, dan penampungan air.

Air yang keluar dari sumber air di kedalaman 130 meter kemudian akan ditampung pada bak penampung yang akan diletakkan di atas MCK. Program yang sudah digelar sejak awal November 2015 ini juga bersinergi dengan komunitas M2C, Ketua RT 14 dan Kepala Desa Pulo Kencana.

Head of Corporate Strategic Tafakul, Armen mengatakan donasi yang terkumpul untuk program ini adalah donasi dari peserta asuransi.

Oleh karena itu diharapkan masyarakat juga dapat menjaganya dengan baik, serta membiasakan diri untuk melakukan budaya pola hidup bersih dan sehat yang merupakan pondasi awal menuju masyarakat yang sejahtera. Pihaknya bersyukur dapat berpartisipasi dalam menyiapkan fasilitas air bersih dan fasilitas umum di sini.

"Sekarang fasilitasnya sudah ada, tentu saatnya kita memanfaatkan dan menjaga sebaik-baiknya agar terus bisa dimanfaatkan sampai nanti," ujar Armen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement