Kamis 10 Mar 2016 06:15 WIB

Penjelasan Alquran tentang Kesurupan Setan

Rep: c39/ Red: Karta Raharja Ucu
Siswa kesurupan.   (ilustrasi)
Foto: Antara
Siswa kesurupan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang kadang sering mengalami kesurupan atau kemasukan setan saat berada di suatu tempat, terutama di tempat-tempat yang memang terkenal angker. Ternyata, terdapat banyak hadis dan ayat Alquran yang menjelaskan soal kesurupan.

Ahli tafsir Indonesia, M Quraish Shihab, mengatakan dalam bukunya, M. Quraish Shihab Menjawab, hadis dan Alquran telah dijadikan dasar sebagian ulama untuk menguatkan tentang kesurupan. Ia mencontohkan, salah satunya seperti firman Allah berikut ini:

"Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri, melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila." (QS al-Baqarah [2]: 275).

Namun, ayat tersebut diperselisihkan makna atau nilanya oleh para ulama. Ada yang memahaminya secara tekstual dan ada yang memahaminya secara rasional. Seorang tokoh tafsir beraliran rasional, az-Zamakhsyari, mengomentari ayat dalam surah al-Baqarah tersebut.

"Ini berdasarkan kepercayaan orang-orang musyrik Arab, maka penyebutan di sini adalah berdasarkan hal tersebut, bukan dalam arti yang sebenarnya," kata dia menjelaskan.

Karena itu, menurut penganut paham rasional, kesurupan tersebut terjadi karena ada gangguan kejiwaan pada diri seseorang atau ada sesuatu yang menjadikan otaknya tidak berfungsi dengan baik. Penganut paham tekstual sebenarnya sependapat dengan pernyataan tersebut. Namun, menurut Ibnu Taimiyah, tidak hanya itu penyebabnya karena jin juga bisa menjadi penyebab orang kesurupan.

Jadi, berdasarkan pendapat Ibnu Taimiyah, penyebab orang kesurupan bisa jadi karena jin tersebut senang kepada seseorang, misalnya, ingin mengawininya, membencinya, atau hanya iseng untuk bergurau layaknya anak-anak kecil.

Kendati demikian, sampai saat ini kesurupan tersebut belum terungkap secara ilmiah sehingga hal ini merupakan langkah awal untuk melakukan kajian serius tentang kesurupan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement