Kamis 10 Mar 2016 05:44 WIB

Ribuan Warga Palembang Shalat Gerhana di Masjid Agung

Rep: Maspril Aries/ Red: Damanhuri Zuhri
Umat Muslim melaksanakan Shalat Gerhana
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Umat Muslim melaksanakan Shalat Gerhana

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Menyambut kebesaran Allah SWT berupa gerhana matahari total (GMT), ribuan warga Palembang mendatangi Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) di jalan Jendral Sudirman.

Warga datang untuk mengikuti shalat gerhana dengan imam Nawawi Dencik Al Hafizh, imam besar Masjid Agung SMB. Suasana saat shalat berlangsung seperti pada saat shalat hari raya Idul Fitri atau Idul Adha.

Walau tidak sampai ke jalan-jalan di sekitar masjid, warga shalat hampir di seluruh pelataran masjid sampai ke taman-taman di sekitar masjid tersebut. Sebagian jamaah yang hadir banyak pelajar SMP dan SMA.

Menurut pelajar, mereka datang ke shalat gerhana ke Masjid Agung karena diminta guru berdasarkan edaran dari Kepala Dinas Pendidikan Sumsel yang meminta siswa melakukan shalat gerhana berjamaah.

Walau shalat gerhana yang mulai berlangsung sekitar pukul 6.20 WIB, masjid terbesar di Sumatera Selatan (Sumsel) sudah dipenuhi jamaah sejak shalat subuh sekitar pukul 04.30 WIB.

Usai shalat sebagian warga bergegas ke luar masjid menuju jembatan Ampera yang berjarak sekitar 300 meter dari masjid. Sebagian lainnya masih berada di dalam masjid mendengar ceramah dari khatib Syarifuddin Yacub.

Di Palembang, shalat gerhana juga berlangsung di beberapa masjid di sekitar pemukiman warga, juga di masjid milik Pemerintah Provinsi Sumsel di Masjid Taqwa yang berada di jalan Talang Kerangga.

Di tepi sungai Musi, di kawasan perkampungan Arab Al-Munawar di jalan KH Azhari 13 Ulu, warga juga melaksanakan shalat gerhana di tempat terbuka. Suasana shalat gerhana di tempat ini sedikit berbeda karena mereka yang datang banyak yang menggunakan baju gamis berwarna putih.

Menurut khatib Syarifuddin Yacub dalam ceramahnya, gerhana matahari total merupakan fenomena alam yang cukup langka dan pada 2016 ini hanya bisa dilihat di sejumlah daerah wilayah Indonesia.

“Kesempatan menyaksikan peristiwa langka ini merupakan berkah dan patut disyukuri dengan melaksanakan shalat berjamaah dan memanjatkan doa serta puji syukur atas nikmat kesehatan yang diberikan hingga saat ini,” katanya.

Selain di Palembang, shalat gerhana juga berlangsung di komplek tambang batu bara PT Bukit Asam (PTBA) Tbk di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim. Menurut Haryanto karyawan PTBA, shalat gerhana berlangsung di Masjid Jamik Bukit Asam dipimpin imam dan khatib ustadz Priadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement