Senin 07 Mar 2016 23:16 WIB

Masjid Raya Sumbar akan Selenggarakan Shalat Gerhana

Shalat gerhana (ilustrasi)
Foto: salmanitb.com
Shalat gerhana (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan menyelenggarakan Shalat Sunnah gerhana matahari di Masjid Raya Sumbar pada Rabu, 9 Maret 2016.

"Kami imbau masyarakat dan aparatur pemerintah untuk mengikuti shalat sunnah gerhana matahari," kata Sekretaris Daerah Sumbar, Ali Asmar di Padang, Senin.

Ia mengajak masyarakat beramai-ramai datang ke Masjid Raya Sumbar pada pukul 07.30 WIB.

Terkait gerhana matahari total ia menyampaikan pengelola wisata di Sumbar memanfaatkan momen ini menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"Manfaatkan peluang ini, suguhkan acara yang menarik bagi pengunjung," kata dia.

Sementara, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang mengimbau umat Islam melaksanakan shalat gerhana matahari di masjid, mushala atau rumah.

"Walaupun Kota Padang hanya dapat menikmati gerhana matahari sebagian, namun tetap dianjurkan untuk melaksanakan salat gerhana," kata Ketua MUI Kota Padang, Duski Samad.

Ia menyampaikan tata cara pelaksanaan shalat gerhana matahari sama halnya dengan pelaksanaan salat sunnah lainnya dengan dua rakaat, namun dianjurkan secara berjamaah.

"Pelaksanaannya tidak harus saat gerhana matahari itu terjadi, yang penting tetap pada hari yang sama. Bisa pagi, siang atau sore," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement