Sabtu 05 Mar 2016 22:39 WIB

Indonesia Memanah Ramaikan Islamic Book Fair 2016

Indonesia Memanah di ajang Islamic  Book Fair (IBF) 2016 di Istora Senayan Jakarta. Pameran tersebut akan berlangsung hingga Ahad (6/3).
Foto: Dok IBF
Indonesia Memanah di ajang Islamic Book Fair (IBF) 2016 di Istora Senayan Jakarta. Pameran tersebut akan berlangsung hingga Ahad (6/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DSR Archery Learning Center kali ini ikut meramaikan Islamic Book Fair 2016. Dengan tagline 'Indonesia memanah', DSR Learning Center ingin memperkenalkan kembali kepada masyarakat muslim Indonesia tentang olahraga memanah. 

Prily Nuraini, salah satu coach, mengatakan memanah merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW, sehingga olahraga trsebut bernilai sunnah. Jadi ketika sedang memanah maka orang tersebut juga sedang melakukan sunnah Rosul.

"Memanah merupakan sunnah Rasulullah SAW. Sesuai hadits  Nabi riwayat Bukhari Muslim, di mana olahraga ini adalah salah satu olahraga yang dianjurkan Rasul setelah berenang dan berkuda,”  Kata Prily di Istora Senayan Jakarta, Jumat (4/3).

Ia menambahkan,  memanah sejatinya memerlukan strategi dan tehnik khusus. Misalnya bagaimana teknik agar busur panah tepat pada sasaran, kemudian bagaimana caranya menarik busur panah, hingga cara berdiri yang benar untuk memanah. 

"Memanah itu  terlihat mudah, namun ketika dipraktikkan akan sangat sulit jika kita tidak fokus dan tenang," ujar Prily lagi. 

Menurut Prily, olahraga memanah  merupakan olahraga statis, sehingga ketika sedang memanah yang perlu dilakukan adalah tenang, fokus, berani dan harus menanamkan jiwa pemenang, agar busur panah tepat  pada sasaran. "Memanah tidak akan berhasil jika dilakukan oleh orang yang emosi," tambah Prily. 

Ia mengaku, selama aktif didunia Archery ia merasa kebiasaan yang diterapkan saat memanah terbawa saat ia beraktivitas sehari-hari, seperti belajar atau melakukan hal lain. Ia menjadi lebih fokus, berani, percaya diri dan selalu optimistis. 

Selain itu, memanah juga membuat punggung dan lengan menjadi kuat. Karena salah satu tehnik memanah diharuskan punggung yang tegap dan lengan yang kuat saat menarik busur. 

Jadi bagi Anda yang ingin berlatih memanah, Islamic Book Fair 2016 masih akan  buka hingga 6 Maret 2016 mulai pukul 10.00 wib hingga 21.00  WIB  di Istora Senayan Jakarta.

 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement