Sabtu 05 Mar 2016 06:55 WIB

60 Persen Muslim Buta Huruf Alquran

Rep: agung sasongko/ Red: Damanhuri Zuhri
Ustaz Yusuf Mansur
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Ustaz Yusuf Mansur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran merupakan petunjuk hidup bagi umat Islam. Sayangnya, belum semua kaum Muslim di Tanah Air bisa membaca Alquran. Pimpinan Akademi Alquran Wildan Lc mengatakan, sekitar 60 persen umat Islam di Indonesia belum bisa membaca Alquran.

Itu berarti hanya 40 persen umat Islam di Indonesia yang bisa membaca Alquran. Namun, kata Wildan, umat Islam yang benar-benar lancar membaca kitab suci itu hanya 20 persen saja.

''Jadi, 80 persen umat Islam yang belum lancar membaca Alquran. Banyak sekali umat Islam yang membaca Alquran tanpa memerhatikan tajwid,'' ungkap Wildan saat peluncuran seri buku bantuan mempelajari Alquran, yang berjudul Belajar Quran yang diterbitkan Almahira di Panggung Utama Islamic Book Fair (IBF) 2016 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (4/3).

Peluncuran buku tersebut merupakan bagian dari gerakan pemberantasan buta huruf Alquran. Wildan menambahkan, Akademi Alquran ikut ambil bagian dalam upaya mengajar umat membaca Alquran.

Seperti mengadakan program belajar baca Alquran bagi anak-anak, Akademi Alquran juga bakal menggelar pula kelas Alquran keliling menggunakan mobil.

Acara gerakan pemberantasan buta huruf Alquran itu juga diisi dengan tausiyah dari Pimpinan Pesantren Daarul Quran Ustaz Yusuf Mansur.

Dalam kesempatan itu, ustaz muda ini mengajak umat Islam membaca dan mengamalkan Alquran. ''Ayo, kita mulai dekati Alquran,'' ujarnya di hadapan pengunjung yang memenuhi panggung utama IBF.

Menurut Ustaz Yusuf Mansur, Alquran merupakan solusi dari setiap masalah yang dihadapi umat Islam. Salah satu fadilah membaca Alquran, kata dia, adalah mengatasi segala persoalan yang dihadapi.

Ada utang baca Alquran. Lalu, mintalah kepada Allah SWT, dari bacaan itu insya Allah utang akan lunas. Ini baru sebagian kecil fadilah Alquran. ''Makanya belajarlah Alquran,'' serunya.

Ustaz Yusuf Mansur menegaskan, sudah sewajarnya umat Islam membaca Alquran. Seorang Muslim membaca Alquran, kata dia, derajatnya akan dinaikkan. Ini, kata dia, termasuk mereka yang mengalami kesulitan atau dalam kondisi susah.

Manusia yang hidup dekat dengan Alquran kehidupannya akan terus naik, paparnya. Setiap manusia, tegas Ustaz Yusuf Mansur, harus selalu berniat menuntut ilmu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement