REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hingga hari kelima, Pameran Buku Islam (IBF) 2016 masih ramai dikunjungi masyarakat. Tak hanya stan buku Islami, stan penerbit mushaf Alquran pun ramai dipenuhi pengunjung.
Uniknya, stan penerbit Alquran penuh sesak oleh kalangan muslimah. Seperti stan Penerbit Cordoba contohnya.
Agus Supriyanto, Marketing Penerbit Cordoba, mengatakan pengunjung perempuan banyak yang berkunjung ke stannya untuk membeli Alquran khusus edisi Muslimah. "Sejauh ini banyak Muslimah yang tertarik dengan produk Alquran warna warni," ujar Agus kepada Republika, Rabu (2/3).
Agus mengakui Penerbit Cordoba memang sengaja menerbitkan Alquran warna-warni untuk menyasar target perempuan. Penjualan tahun ini hingga hari kelima bahkan meningkat drastis dibanding tahun lalu. Kenaikan omzet meningkat mencapai 30 persen.
Meski warna warni, Agus mengatakan isi Alquran tidak berbeda dengan Alquran pada umumnya.
Agus menjelaskan kebanyakan pengunjung di stan penerbit Cordoba berasal dari kalangan para pelajar, mahasiswa dan ibu-ibu muda. Dari sekian banyak variasi Alquran yang dijual, menurut dia, para pengunjung paling banyak memburu Alquran dengan isi lengkap mulai dari terjemahannya hingga tajwid.
Tak hanya Penerbit Cordoba, hal serupa juga dialami oleh Penerbit Syaamil Quran. Menurut Hajat Sudrajat, selaku Sales Marketing di Syaamil Quran, penjualan terbanyak diperolah dari Alquran edisi perempuan.
Tidak hanya dari segi warna sampul, edisi Alquran khusus wanita ini juga menyediakan sampul dengam baham bludru.
Tak hanya itu, Alquran edisi perempuan yang diterbitkan oleh Syaamil Quran ini dilengkapi dengan ringkasan fiqih Muslimah. "Jadi selain membaca mereka juga dapat pengetahuan tentang persoalan wanita," ujar Hajat.