Kamis 25 Feb 2016 19:01 WIB

IBF 2016 Helat Islamic Book Award

Rep: C23/ Red: Achmad Syalaby
Ketua Ikapi DKI Afrizal Sinaro
Foto: Dok IBF
Ketua Ikapi DKI Afrizal Sinaro

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –- Islamic Book Fair (IBF) 2016 akan turut menggelar acara bertajuk Islamic Book Award. Acara tersebut bertujuan untuk memberikan pengharagaan bagi buku-buku Islam terbaik yang telah dipublikasikan oleh penerbit. Selain itu, Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) DKI Jakarta juga akan memberi penganugerahan pada tokoh perbukuan Islam di Indonesia.

Ketua Ikapi DKI Jakarta Afrizal Sinoro mengatakan acara penghargaan adan penganugerahan merupakan acara istimewa ketika pembukaan IBF 2016. “Kita akan berikan apresiasi pada buku-buku Islam terbaik,” ucapnya pada Republika.co.id, Kamis (25/2).

Khusus untuk buku, penganugerahan nantinya akan dibagi dua kategori, yakni fiksi dan non-fiksi. Dalam kategori fiksi, akan terpecah lagi menjadi tiga kategori, yaitu fiksi anak-anak, remaja, dan dewasa.

Selain dari segi konten, pada acara tersebut juga akan dipilih buku Islam dengan desain sampul terbaik. Menurut dia, buku Islam dengan sampul yang menawan dan memikat juga layak diapresiasi. Afrizal mengungkapkan motif utama digelarnya ajang penghargaan tersebut adalah untuk  memotivasi penulis-penulis muda, termasuk para ilustrator sampul buku, untuk semakin giat dan kreatif dalam berkarya. “Jadi ini semacam rangsangan untuk mereka,” jelasnya.

Selain itu, Ikapi  akan memberikan penghargaan pada satu tokoh yang memiliki sumbangsih besar terhadap perbukuan Islam. Tokoh ini nantinya akan dipilih berdasarkan beberapa kriteria. “Di antaranya kontribusi dia (terhadap dunia perbukuan Islam), kiprahnya juga harus menginspirasi dan mengembangkan minat, serta budaya baca masyarakat,” papar Afrizal.

Berbeda dengan buku, kata Afrizal, penganugerahan tokoh hanya didedikasikan kepada satu orang. Nantinya, tokoh tersebut dipilih setelah melalui berbagai pertimbangan dan diskusi dengan para anggota Ikapi DKI Jakarta. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement