Jumat 19 Feb 2016 20:45 WIB

Masjid London Buka Dapur Umum untuk Dhuafa

Rep: MGROL57/ Red: Muhammad Subarkah
Masjid East London, Inggris
Foto: Youtube
Masjid East London, Inggris

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Masjid Hounslow, London Barat, Inggris membuka dapur memenuhi kebutuhan pangan dhuafa London. Dapur umum tersebut dibuka di Jalan Wellington Selatan dan menyediakan makanan gratis untuk yang membutuhkan tiap Jumat dan Sabtu minggu pertama tiap bulan. Mereka yang membutuhkan makanan gratis tersebut dapat mengambilnya mulai pukul 18.00 sampai 20.00.

Dilansir dari Get West London, dapur umum sekaligus bank makanan gratis tersebut diresmikan pada Jumat (12/2) pekan lalu. Gerakan amal itu diwujudkan atas kerja sama Jamaah Masjid dan Pusat Islam Honslow dengan lembaga amal lokal Al-Mustafa. Jamaah Masjid Hounslow pun diimbau untuk ikut menyumbang. Makanan seperti sereal, sup kaleng, pasta, nasi, biskuit, serta keperluan bayi dianjurkan untuk disumbangkan.

“Warga Hounslow berusaha keras mendapatkan makanan dan kami ingin membantu. Kegiatan amal adalah bagian penting dalam agama kami, dan generasi Muslim kedua hingga ketiga Inggris mulai aktif sebagai relawan. Saya memiliki harapan besar untuk generasi selanjutnya,” ujar Sekretaris Jenderal Masjid, Shafiq Rehman.

Rehman menambahkan selama ini mereka melihat banyak orang yang membutuhkan di Hounslow. Beberapa di antara mereka butuh bantuan darurat, ada yang kesulitan membayar uang sewa. Ada pula yang tidak memiliki pekerjaan sama sekali.

“Sema mengerti betapa sulitnya orang-orang bertahan hidup saat ini, dan proyek ini adalah cara yang baik untuk menyatakan ‘kalian tidak sendirian, kami ingin membantu’,” ujar anggota Dewan Kota, Mukesh Malhotra. “Komunitas di Hounslow sangat murah hati, saya tahu usaha ini akan membantu penduduk lokal dan supermarket-supermarket untuk tidak membuang-buang makanan.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement