Rabu 13 Jan 2016 07:34 WIB

Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa Layani 46.805 Pasien Sepanjang 2015

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Damanhuri Zuhri
Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa di Jalan Raya Parung, Bogor, Jawa Barat.
Foto: Antara/Jafkhairi/ca
Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa di Jalan Raya Parung, Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa (RST-DD) melayani 46.805 pasien dhuafa sepanjang 2015. RST-DD merupakan Rumah Sakit non-profit di Parung, Bogor, yang dibangun dari dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ziswaf).

Setidaknya 12 pelayanan RST-DD bisa dinikmati masyarakat sebagai rumah sakit gratis, seperti poliklinik, intensive care unit (ICU), hemodialisa (layanan cuci darah), kamar operasi, radiologi, fisioterapi, dan apotek.

Seiring era Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang berjalan di 2014, RST-DD turut menjadi provider bersinergi dengan program kesehatan pemerintah tersebut. RST-DD telah menetapkan seluruh ruang dan tempat tidur rawat inapnya sebagai kelas III pada kepesertaan BPJS Kesehatan.

“Sinergi RST-DD bersama BPJS Kesehatan merupakan salah satu bentuk sinergi untuk lebih mendekatkan pelayanan kesehatan kepada umat,” ujar Direktur RST Dompet Dhuafa Yahmin Setiawan dalam siaran pers yang diterima //Republika.co.id//, semalam.

RST-DD terus memperbaiki dan mengembangkan pelayanan dan fasilitas kesehatan yang ada. Bentuk program kesehatan selain pengobatan (kuratif dan rehabilitatif) yaitu promosi kesehatan (promotif dan preventif) akan semakin lebih kuat dan luas dilakukan oleh RS RST-DD dengan bersinergi bersama layanan kesehatan cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa di era BPJS Kesehatan ini.

"Ini adalah bentuk pengembangan program kesehatan yang kami ikhtiarkan, berharap memberikan manfaat yang lebih besar untuk menyehatkan masyarakat, terlebih bagi kaum dhuafa," kata Yahmin menerangkan.

Setelah meresmikan LKC pada 2001, Dompet Dhuafa mendirikan RST-DD sebagai layanan kesehatan tingkat rujukan yang memberikan pelayanan kesehatan sekelas rumah sakit pada 4 Juli 2012.

Rumah sakit gratis yang diperuntukkan bagi kaum dhuafa ini merupakan model rumah penyembuhan yang memberikan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma bagi kaum dhuafa dengan pendekatan kehangatan keluarga, ketepatan waktu, professional dan sentuhan hati.

RST-DD dibangun dengan dana wakaf serta untuk biaya operasionalnya menggunakan dana zakat, infak, dan sedekah. Dengan hadirnya RST-DD ini, diharapkan dapat terus melayani dan membantu serta menjaga kesehatan masyarakat khususnya kaum dhuafa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement