Ahad 10 Jan 2016 17:12 WIB

Satu Langkah Indonesia Menuju Pariwisata Halal Dunia

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Damanhuri Zuhri
Lombok menjadi salah satu destinasi wisata halal
Foto: blogspot
Pulau Lombok

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi NTB, Lalu Muhammad Faozal mengungkapkan pengakuan Pulau Lombok sebagai destinasi wisata halal terbaik dalam ajang World Halal Travel Award 2015 akan sangat menguntungkan secara pasar di tingkat internasional. Sebab, kini diakui sebagai salah satu destinasi wisata halal populer.

"Pada level internasional, kini destinasi wisata di Pulau Lombok sudah memiliki branding sebagai destinasi wisata halal. Itu menguntungkan secara pasar,” ungkapnya.

Oleh karena itu, kepercayaan terhadap Pulau Lombok harus dijaga melalui upaya perawatan destinasi wisata halal serta mempercepat sertifikasi halal hotel dan restoran yang ramah kepada wisatawan muslim.

Pengusaha Hotel Syariah, Riyanto Sofyan menilai perkembangan destinasi wisata halal di Indonesia relatif berjalan dengan baik. Terbukti, Indonesia bisa meraih tiga penghargaan di ajang World Halal Travel Award 2015.

Ke depan, strategi yang perlu dilakukan untuk semakin memajukan wisata halal dengan mengangkat pariwisata di provinsi-provinsi yang mengangkat wisata halal.

“Kemenangan Pulau Lombok di ajang tersebut dinilai dari profil daerah, apakah sesuai dengan kebutuhan wisatawan Muslim, komitmen pemerintah daerah, capaian wisata halal dan keunikan destinasi,” katanya. 

Dirinya mengatakan jumlah wisatawan Muslim mancanegara yang datang ke NTB pada 2014 mencapai 18 ribu orang dan terus meningkat. Apalagi dua penghargaan yang diraih Pulau Lombok semakin menarik minat wisatawan Muslim untuk berkunjung.

Ia mendorong agar pelaku usaha pariwisata di Pulau Lombok terus mengembangkan paket-paket wisata halal unggulan. Disertai komitmen pemerintah daerah yang harus terus mendorong pengembangan wisata halal diantaranya program sertifikasi halal hotel dan restoran yang ramah wisatawan muslim.

“Pelaku usaha pariwisata harus menjaga paket wisata halal unggulan karena Lombok kini sudah menjadi ikon sebagai Best Halal Destination Dan Best Honeymoon,'' ujarnya.

Menurutnya, para pelaku usaha travel harus mampu menjaga momentum kemenangan Pulau Lombok di ajang World Halal Travel Award dengan mengikuti trend perkembangan wisata halal di dunia. dengan menyiapkan paket-paket unggulan yang bisa menarik minat wisatawan Muslim untuk berkunjung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement